Sunday, October 20, 2019
Home News Soal Keamanan, Pemerintah AS Cari Vendor Jaringan Di Luar Cina

Soal Keamanan, Pemerintah AS Cari Vendor Jaringan Di Luar Cina

-

Jakarta, Selular.ID – Sejauh ini pemerintah Amerika Serikat merasa khawatir soal keamanan pada jaringan 5G yang diberikan oleh penyedia networking asal Cina, khususnya Huawei. Seperti kita ketahui, Pemerintah AS memang tengah berseteru dengan Huawei karena urusan keamanan. Entah itu murni alasan keamanan atau ada hal lain misalnya perang dagang yang menyebabkan perseteruan antara AS dan Hauwei.

Dikutip dari Ubergizmo, alasan keamanan inilah yang membuat pemerintah AS mencari vendor network di luar Cina. Pemerintah AS telah mempertimbangkan persyaratan peralatan 5G harus dibuat di luar Cina.

Kini siapa pun yang akan memasok peralatan 5G kepada operator AS, bahkan jika mereka bukan perusahaan Cina, tampaknya peralatan mereka bahkan tidak dapat di produksi di Cina. Tentunya ini akan menjadi masalah besar.

Baca juga : Peluncuran 5G Global Tertunda Akibat Perseteruan Huawei-AS

Biaya yang akan dikeluarkan pemerintah AS tentunya akan sangat besar untuk membangun fasilitas untuk implementasi 5G di luar Cina. Mengingat selama ini vendor network Cina menawarkan biaya implementasi yang cukup murah kepada AS.

Menurut Michael Wessel, selaku U.S.-China Economic and Security Review Commission sementara waktu pusat keamanan nasional utama memusatkan perhatian pada perusahaan network milik Cina.

“Setiap peralatan yang diproduksi oleh perusahaan mana pun yang beroperasi di Cina memiliki risiko keamanan lebih besar,” ujar Michael.

Latest