Sunday, July 21, 2019
Home News Telco Huawei Bangun Jaringan 5G di Rusia

Huawei Bangun Jaringan 5G di Rusia

-

Jakarta, Selular.ID – Rusia mengambil langkah bertolak belakang dengan pemerintah AS mengenai Huawei. Pekan ini, Huawei mengumumkan perjanjian dengan Rusia untuk membangun jaringan 5G untuk operator seluler terbesar kedua di negaranya.

Dilansir dari BBC, perusahaan membuat pengumuman itu selama kunjungan tiga hari Presiden China Xi Jinping ke Rusia.

Menurut Wakil Ketua Huawei Guo Ping, Huawei akan membangun jaringan 5G selama tahun depan untuk MTS. Menurut laporan tahunannya pada akhir 2018, operator ini memiliki 78 juta pelanggan dan pangsa pasar 31 persen di Rusia.

Baik pemimpin Tiongkok maupun Rusia tidak secara khusus menyebutkan kesepakatan Huawei, tetapi Presiden Putin dikutip mengatakan kerja sama antara Cina dan Rusia “mencapai tingkat yang sangat tinggi, tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Pengumuman ini tentu menjadi angin segar bagi Huawei yang tengah menghadapi kekacauan beberapa minggu terakhir.

Pada bulan Mei, Presiden AS Donald Trump memblokir Huawei dari berbagai kesepakatan pemerintah. Sejak itu, banyak perusahaan memutuskan atau menangguhkan hubungan bisnis dengan Huawei.

Namun, Rusia menambahkan masalah yang menarik. Hubungan antara AS dan Rusia sama putusnya dengan hubungannya dengan Cina. Dengan demikian, Rusia dan Cina tampak berusaha mengimbangi tekanan dari AS.

Di Indonesia sendiri, beberapa operator tanah air belum memutuskan untuk terus melanjutkan kerja sama atau menangguhkan Huawei dalam pembangunan jaringan 5G mendatang.

Latest