Sunday, October 20, 2019
Home Aksesoris Counterpoint: Top 10 Earphone Nirkabel Q1 2019

Counterpoint: Top 10 Earphone Nirkabel Q1 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen smartphone kian merasuk ke industri earphone nirkabel. Tercatat selain Apple, Samsung dan Huawei mulai mendapat porsi pasar besar.

Secara global, Apple AirPods masih mendominasi industri earphone nirkabel dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Namun, generasi kedua AirPods gagal menambah pangsa pasar Apple.

Menurut laporan Counterpoint Research, “Pangsa pasar Apple tetap pada tingkat yang sama seperti yang terlihat pada kuartal terakhir, gagal tumbuh meskipun peluncuran AirPods generasi kedua.”

Perlu digarisbawahi di sini, AirPods baru diumumkan pada 20 Maret, hampir di akhir kuartal pertama 2019.

Counterpoint mencatat berkat promosi penjualan yang dijalankan untuk membersihkan inventaris, penjualan AirPods generasi pertama lebih tinggi dari yang diharapkan selama kuartal ini. Penjualan AirPods generasi kedua lebih lemah dari yang diharapkan. Kemungkinan besar, banyak konsumen menunda pembelian AirPods baru dan menunggu model berikutnya.

“Pangsa pasar Apple tetap pada tingkat yang sama terlihat pada kuartal terakhir, gagal tumbuh terlepas dari peluncuran AirPods generasi kedua. Sementara penjualan AirPods generasi pertama lebih tinggi dari yang diharapkan berkat berbagai promosi penjualan untuk menghabiskan stok dari gudang pada Q1 2019, penjualan model baru lebih lemah dari yang diperkirakan karena respon beragam pasar.” – Counterpoint Research

Pertama kali, Samsung Galaxy Buds tempati posisi kedua

Grafik yang dirilis Counterpoint tidak termasuk persentase aktual, tetapi kita dapat melihat dari grafik Apple AirPods memiliki keunggulan besar dari tempat kedua Samsung Galaxy Buds.

Earphone nirkabel Samsung diluncurkan awal tahun ini dan diberikan sebagai bonus bagi konsumen Galaxy S10.

Galaxy Buds menggantikan Gear IconX di jajaran Samsung dan membantu perusahaan melompati Jabra untuk mengambil tempat kedua untuk pertama kalinya. Jabra Elite Active 65t berada di urutan ketiga.

Akhir tahun ini, kita akan melihat dua pemain kelas berat memasuki pasar, karena Amazon dan Microsoft berencana untuk merilis earbud Bluetooth nirkabel mereka sendiri tahun ini.

Perangkat Amazon dikatakan akan dilengkapi dengan Alexa dan akan terdengar lebih baik dengan biaya lebih murah daripada Apple AirPods. Sementara Microsoft Surface Buds akan mengntegrasikan Cortana.

Selama kuartal pertama tahun ini, Counterpoint mengatakan pasar “perangkat dengar nirkabel” adalah 17,5 juta unit, naik 40% secara berurutan dari kuartal keempat tahun 2018.

Latest