Sunday, June 16, 2019
Home Tips Cara Membatasi Undangan ke Grup WhatsApp

Cara Membatasi Undangan ke Grup WhatsApp

-

Jakarta, Selular.ID – Grup di aplikasi WhatsApp memberikan kemudahan pengguna untuk terhubung ke teman, rekan kerja, keluarga dan banyak lagi. Saking mudahnya membuat grup, pengguna WhatsApp bisa saja dengan mudah memasukkan anggota ke grup tanpa izin si calon anggota tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Cukup menyebalkan memang, apalagi jika grup tersebut tidaklah begitu penting bagi kita. Inilah salah satu masalah privasi yang ada di aplikasi WhatsApp sedari dulu.

Dilansir dari blog resmi WhatsApp, pihak WhatsApp akan mengeluarkan fitur cara untuk menolak undangan grup yang dapat pengguna aktifkan melalui pengaturan. Fitur ini akan membatasi siapa saja yang dapat mengundang pengguna ke grup.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur menolak undangan grup WhatsApp? Caranya cukup mudah, silahkan masuk ke WhatsApp kemudian Setelan> Akun> Privasi > Grup. Di dalam menu tersebut, terdapat tiga opsi yang dapat Anda pilih yaitu: “Tidak Ada/Nobody”, “Semua Orang/Everyone”, dan “Kontak Saya/My Contacts”.

Jika Anda memilih “Tidak Ada/Nobody”, maka tidak akan ada yang bisa mengundang Anda ke grup secara otomatis atau perlu izin Anda terlebih dahulu. “Semua Orang/Everyone”, ini pengaturan default dimana semua orang dapat mengundang Anda ke grup. Yang terakhir “Kontak Saya/My Contacts”, pilihan ini hanya mengizinkan pengguna yang sudah Anda simpan nomornya di ponsel yang dapat mengundang Anda ke grup.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

Apabila admin ingin mengundang pengguna yang membatasi undangan grup, admin tersebut diharuskan untuk mengirim tautan undangan melalui jalur pribadi (japri). Perlu dicatat, tautan tersebut hanya berlaku selama 72 jam, lebih dari itu link tersebut akan hangus.

Fitur ini akan tersedia secara bertahap mulai dari awal April lalu dengan versi WhatsApp terbaru.

Diketahui, fitur untuk membatasi undangan grup sudah tersedia untuk versi WhatsApp Beta 2.19.55 pada platform Android dan iOS.

Latest