Sunday, October 20, 2019
Home News E-Commerce Tiket Pesawat Mahal, Penjualan Traveloka Menurun

Tiket Pesawat Mahal, Penjualan Traveloka Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – Memasuki pekan kedua Ramadan, masyarakat Indonesia bersiap melakukan rutinitas tahunan mudik. Namun tahun ini, aktivitas itu terhambat karena mahalnya harga tiket pesawat.

Tidak sedikit warga yang menyuarakan keluhannya lewat media sosial. Di Twitter misalnya, tagar #tiketpesawatmahal menjadi trending topic nasional selama dua pekan terakhir.

Mengamati hal itu, salah satu platform penjualan tiket pesawat Traveloka mengaku terkena dampaknya.

“Karena adanya kenaikan harga, secara industri juga berdampak. Kami sebagai platform penjualan tiket pesawat yang terbesar, secara alami terkena dampaknya. Jadi kami memang mengikuti market,” kata Iko Putera, Head of Growth Management Traveloka, pada konferensi pers Traveloka Siap Layani Tiket Mudik, di Jakarta (14/5/2019).

Ketika didesak soal berapa banyak penurunan yang terjadi, Iko mengelak memberi rincian.

“Jika dibandingkan data BPS, penjualan tiket domestik di kuartal pertama merefleksikan market. Paling tidak dari sisi Traveloka memang ada indikasi itu. Penurunan memang ada. Tapi kami tidak bisa share angka,” imbuhnya.

Kendati menurun, Iko mengaku optimis penjualan tiket pesawat akan tumbuh menjelang Lebaran.

“Untuk mudik, demand tetap meningkat. Paling tidak orang masih search, orang masih berharap bisa beli tiket pesawat. Jadi kami masih ada harapan mendekati Lebaran, (penjualan tiket) pesawat akan meningkat,” paparnya.

Selain tiket domestik, Iko mengungkapkan penjualan tiket pesawat internasional tetap tumbuh seperti biasa.

“Tiket pesawat internasional di kami masih growing sekali. Animo masyarakat terhadap tiket internasional masih besar,” jelasnya.

Mengenai target, Iko mengatakan dari tiket pesawat targetnya sama atau lebih tinggi dari tahun lalu. Tapi lagi-lagi, Iko enggan mengatakan persisnya.

“Untuk kereta target kami meningkat 30% sementara untuk bis & travel meningkat 300%. Itu yang terlihat dari data indikasi search awal-awal Ramadan, yang kami prediksi akan terjadi lonjakan di tanggal 17 Mei, setelah THR cair,” paparnya.

Sebagai platform penjualan tiket, Traveloka menjual tiket mudik beragam moda transportasi. Jika tiket pesawat dirasa mahal, perusahaan juga menawarkan tiket kereta api, us dan travel. Serta kini Traveloka juga menawarkan rental mobil dan layanan antar jemput bandara.

Latest