Friday, November 15, 2019
Home Apps Mode Gelap di Android Q Akan Nyala Secara Otomatis

Mode Gelap di Android Q Akan Nyala Secara Otomatis

-

Jakarta, Selular.ID –Selama beberapa bulan ini, Google diketahui aktif merilis fitur dark mode yang diusung Android Q.

Disebut-sebut nantinya, pengguna mampu menjadwalkan ketika mode gelap dihidupkan atau dimatikan.

Dilaporkan Android Police, Android Q yang saat ini sudah hadir dalam versi beta, dan kabarnya memiliki kemampuan untuk mengaktifkan mode gelap secara otomatis.

Artinya, cara kerja mode gelap pada Android Q ini berdasarkan pada penjadwalan yang ditentukan penggunanya. Misalnya saat pengguna terbiasa menggunakan mode gelap di malam hari, maka pengguna tinggal menyetel aktivasi mode gelapnya pada malam hari. Kemudian ia juga menjadwal kapan mode tersebut dinon-aktifkan.

Tentunya, hal ini akan mempermudah pengguna yang tak harus menyalakan dan mematikan fitur ini setiap waktu secara manual, namun dapat diatur berdasarkan kebiasaan pemakaian ponsel pengguna.

Selain itu, mode gelap juga akan mati lebih awal secara otomatis ketika baterai perangkat berada dalam kondisi ‘kritis’.

Ini akan mempermudah pengguna, sehingga tak harus menyalakan dan mematikan fitur setiap waktu. Namun, ponsel akan mengikuti waktu yang sudah diatur oleh pengguna.

Selain itu, kabarnya mode gelap akan mati secara otomatis lebih awal dari yang diharapkan jika mendeteksi bahwa level baterai pengguna rendah.

Google sebelumnya telah mengakui bahwa mode gelap memang membantu menghemat masa pakai baterai.

Kabarnya berkat mode gelap, konsumsi daya ternyata bisa hemat sampai 50 persen. Pasalnya, berkurangnya cahaya yang terpancar lewat layar tentunya berpengaruh pada berapa banyak kapasitas baterai yang terpakai.

Tidak hanya itu, karena cahaya yang dihasilkan dari layar LCD ponsel tak akan membuat silau mata sehingga tak mengganggu kesehatan mata penggunanya.

Berdasarkan pengujian OS Android Q ini pada perangkat smartphone Google Pixel 3 menjelaskan, pengujian yang merekan lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar di level sedang, kemudian memantau perubahan konsumsi daya smartphone itu dari mode default ke dark mode, dan benar bahwa kosumsi daya bisa hemat 50 persen.

Sementara untuk aplikasi pihak ketika, seperti Facebook Messenger, yang aslinya punya warna latar belakang putih terang,ketika fitur dark mode ini diaktifkan dapat melakukan penghematan dalam penggunaan daya baterai sebanyak 20 persen.

Sayangnya, pihak Google masih belum menginformasikan seputar peluncuran OS Android generasi kesepuluh ini.

Latest