Monday, May 27, 2019
Home News Market Update Mencari Smartphone Konsumen Lebih Pilih Membeli di Toko

Mencari Smartphone Konsumen Lebih Pilih Membeli di Toko

-

Jakarta, Selular.ID – Menjamurnya e-commerce yang menawarkan kepraktisan dalam berbelanja online, ternyata tidak begitu menggeser keberadaan toko ritel fisik.

Hal ini tercatat dalam laporan riset Google berjudul Google Smarter Smartphone Buyers Study 2018, Android Smartphone Purchase Journey Research 2018 serta penelitian Canalys tentang ”Indonesia Smartphone Market Report Q4-2018.

Dalam laporan itu dikatakan Yudistira Adi Nugroho, Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia menyebutkan, sekitar 70 persen konsumen Indonesia memutuskan membeli ponsel pintar di toko ritel fisik. Alasannya, konsumen dapat mengecek, menyentuh langsung produk, dan mencoba mengoperasikannya.

Sementara 30 persen konsumen Indonesia memutuskan jadi membeli ponsel pintar melalui toko online.

“konsumen Indonesia membutuhkan waktu 14 hari untuk berpikir dan memutuskan membeli ponsel pintar. Dari hari pertama sampai ke-13, konsumen melakukan riset di mesin pencari, membaca artikel ulasan, menonton video ulasan, dan membandingkan spesifikasi dua sampai tiga merek,”kata Yudistira, dijakarta baru-baru ini.

Menurut dia, seiring maraknya kelas dan level spesifikasi teknologi sebuah ponsel pintar, lalu lintas pencarian ulasan produk di mesin pencari naik 40 persen dari tahun 2017 ke 2018.

Konten video ulasan di Youtube menjadi populer, begitu pula dengan konten pembanding harga dan teknologi. Mengacu hasil riset Android Smartphone Purchase Journey Research 2018, sebanyak 71 persen responden mengatakan, mesin pencari menjadi pintu gerbang menggali informasi dan inspirasi sebelum membeli ponsel baru.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest