Saturday, October 19, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Komparasi Oppo F11 VS Samsung Galaxy A50, Bagus Mana?

Komparasi Oppo F11 VS Samsung Galaxy A50, Bagus Mana?

-

Jakarta, Selular.ID – Kamera, performa dan daya tahan masih jadi keunggulan smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Sebab 3 hal tersebut menjadi kebutuhan utama bagi pengguna smartphone.

Beragam vendor smartphone mengedepankan kamera, performa dan daya tahan sebagai fitur andalan pada produk mereka. Mulai dari segmen premium, menengah hingga entry-level mengusung fitur tersebut sebagai kelebihannya.

Misalnya Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50 yang mengusung kamera, performa dan daya tahan sebagai fitur andalan. Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50 sama-sama mengedepankan 3 hal tersebut dengan kisaran harga Rp 4 jutaan.

Samsung Galaxy A50 hadir dalam 2 konfigurasi yakni RAM 6GB dengan ROM 64GB dan RAM 6GB dengan ROM 128GB. Sedangkan Oppo F11 hanya memiliki satu konfigurasi dengan RAM 4GB dan ROM 128GB.

Oppo F11 hadir dalam 3 varian warna yang meliputi Flourite Purple, Marble Green dan Jewelry White. Samsung Galaxy A50 juga hadir dalam 3 varian warna. Warna Samsung Galaxy A50 meliputi Hitam, Biru dan Putih.

Kali ini Redaksi Selular.ID melakukan komparasi Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50. Varian yang kami komparasi adalah Oppo F11 warna Jewelry White dengan konfigurasi 4/128 dan Samsung Galaxy A50 warna Biru dengan konfigurasi 6/64.

Oppo F11 dipasarkan dengan harga Rp 3.999.000. Sedangkan Samsung Galaxy A50 varian 6/64 dibanderol dengan harga lebih tinggi yakni Rp 4.599.000.

Lantas, mana yang lebih unggul Oppo F11 atau Samsung Galaxy A50 ? Yuk simak ulasannya.

Desain

Baik Oppo F11 maupun Samsung Galaxy A50 sama-sama menggunakan material polycarbonate. Warna biru pada Samsung Galaxy A50 memberikan kesan elegan.

Namun balutan warna Jewelry White memberikan kesan mewah pada Oppo F11. Sebab warna Jewelry White terinspirasi dari mutiara. Jewelry White pada Oppo F11 mengusung gradasi warna dengan kombinasi putih dan biru.

Oppo F11 memiliki dimensi 162 x 76.1 x 8.3 mm dan bobot 188 g. Sedangkan Samsung Galaxy A50 memiliki dimensi lebih kecil dan bobot lebih ringan daripada Oppo F11. Dimensi dan bobot Samsung Galaxy A50 mencapai 158.5 x 74.7 x 7.7 mm dan bobot 166 g.

Dua ponsel ini sama-sama mengusung waterdrop notch sebagai wadah kamera selfie. Di bawah notch Oppo F11 terpampang layar 6,53 inci.

Di atas notch terdapat speaker receiver. Sementara di bawah notch Samsung Galaxy A50 terbentang layar 6,4 inci dan diatasnya terdapat speaker receiver.

Body belakang Oppo F11 disematkan kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP, LED Flash, sensor fingerprint dan logo Oppo. Sedangkan pada body belakang terpatri 3 kamera utama dengan resolusi 25 MP + 5 MP + 8 MP, LED Flash dan logo Samsung.

Tidak terdapat sensor fingerprint pada bagian belakang Galaxy A50. Sensor fingerprint justru disematkan pada layar Samsung Galaxy A50.

Tombol volume up dan down serta slot MicroSD dan SIM Card dijumpai di sisi kanan Oppo F11. Sedangkan di sisi kiri Oppo F11 ditemui tombol power.

Sisi kanan Samsung Galaxy A50 disisipi tombol volume up and down serta tombol power. Sedangkan di sisi kirinya terdapat slot MicroSD dan SIM Card.

Port micro USB 2.0, speaker, jack audio 3,5 mm dan lubang mic dibubuhi di bagian bawah Oppo F11. Sementara di bagian atas Oppo F11 hanya terdapat lubang mic saja.

Bagian bawah Samsung Galaxy A50 ditemui port USB Type-C, speaker, lubang mic dan jack audio 3,5 mm. Sedangkan di bagian atas Galaxy A50 hanya terdapat sebuah lubang mic.

Layar

Samsung Galaxy A50 dibekali layar berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan resolusi 2340 x 1080 (FHD+). Aspek rasionya 19.5:9 dan screen-to-body ratio mencapai 84.9%.

Sedangkan Oppo F11 memiliki ukuan layar yang lebih besar yakni 6,53 inci. Jenis layar yang digunakan Oppo F11 adalah IPS LCD.

Resolusi layar yang digunakan sama dengan Samsung Galaxy A50 yakni 2340 x 1080 (FHD+). Screen body to rasio nya mencapai 90.7%.

Ketika Redaksi Selular.ID mencoba bermain game dan menonton video dengan Oppo F11 maupun Samsung Galaxy A50 cukup nyaman. Agar tambah nyaman, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar pada Samsung Galaxy A50 maupun F11 di menu setting. Namun bezel layar yang lebih tebal pada Samsung Galaxy A50 sedikit mengganggu ketika bermain game.

Kamera Oppo F11

Oppo F11 dibubuhi kamera utama ganda beresolusi 48MP dan 5MP. Lensa utamanya Oppo F11 beresolusi 48MP. Sedangkan lensa keduanya menggunakan depth sensor.

OPPO F11 menggunakan sensor berbasis ISOCELL Bright GM1 dengan resolusi 48 MP. Sensor ini dilengkapi dengan ukuran ukuran photosite 0,8 mikrometer dan berbasis BSI (backside illuminated) yang dinamakan ISOCELL Plus.  Melalui teknologi tetracell, Oppo F11 akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6Ξm.

Selanjutnya, teknologi ini akan melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif, sehingga mampu mengabadikan foto potret yang lebih terang dan minim noise pada malam hari. Dalam kondisi cahaya yang sangat terang, sensor dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi sampai 48MP.

Saat kami mencoba foto menggunakan lensa utama Oppo F11, hasil fotonya tidak pecah ketika di zoom. Resolusi foto yang dihasilkan Oppo dengan lensa utama lebih besar.

Untuk mengaktifkan resolusi 48MP, Anda bisa mengakses menu setting di kamera. Kemudian pilih photo ratio 4:3 (48MP). Saat foto dalam kondisi minim cahaya, Anda juga dapat mengandalkan fitur ultra night mode melalui mode night pada kamera Oppo F11. Fitur ultra night mode mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Ketika kami mencoba fitur ultra night mode ini dalam kondisi minim cahaya ataupun malam hari, foto yang dihasilkan cenderung lebih terang. Noise yang dihasilkan lebih minim dibandingkan tidak menggunakan ultra night mode.

Untuk menggunakan mode ultra night mode, Anda hanya perlu menekan tombol kamera lalu tahan selama 4 detik untuk fokus ke objek foto. Usahakan objek foto tidak bergerak selama 4 detik, agar hasilnya optimal.

Mode Chroma Boost menghasilkan foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang. Mode ini bekerja menggunakan algoritma AI. Chroma Boost dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan melalui menu kamera utama.

Saat kami mencobanya, mode Chroma Boost ini mampu menyesuaikan warna objek dengan kondisi di sekitar. Misalnya ketika mengambil objek di outdoor.

Kami juga mencoba mode portrait dari kamera selfie maupun kamera utama Oppo F11 Pro. Efek bokeh yang dihasilkan cukup natural. Teknologi AI sangat berperan penting dalam mendeteksi background objek. Dukungan teknologi AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, ultra night mode akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Sementara kamera selfienya berukuran 16MP. Kamera selfie ini didukung teknologi AI yang mampu mengidentifikasi ratusan titik wajah secara akurat. Teknologi ini mampu menghasilkan efek bokeh yang natural.

Sayangnya, Oppo F11 tidak didukung fitur wide angle. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menggunakan mode pano pada kamera belakang maupun selfie. Fitur 2x zoom dan 1x zoom juga kembali hadir di Oppo F11.

Kamera seflie Oppo F11 beresolusi 16MP. Ketika kami selfie menggunakan Oppo F11, hasilnya cukup baik. Terutama dalam kondisi cahaya cukup. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menggunakan LED Flash ketika selfie.

Tampilan menu kamera belakang maupun selfie Oppo F11, cukup simpel. Untuk video, Anda bisa memilih mode video dan slow-mo.

Kamera Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 dibekali 3 kamera belakang dengan resolusi 25MP + 5MP + 8MP. Kamera utama beresolusi 25 MP (f/1.7) dengan lensa wide.

Kamera keduanya didukung lensa ultrawide beresolusi 8 MP (f/2.2). Sedangkan kamera ketiga beresolusi 5MP (f/2.2) didukung depth sensor.

Tampilan kamera utama maupun selfie juga simpel. Disertakan menu photo, live focus, pro, panorama, slow motion dan hyperlapse.

Saat kami mencoba kamera belakang Samsung Galaxy A50, foto yang dihasilkan cukup baik. Terutama dalam kondisi cahaya cukup.

Ketika kondisi minim cahaya, foto yang dihasilkan kurang maksimal. Noise masih terlihat.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa mengandalkan LED Flash. Sebab Galaxy A50 tidak memiliki fitur night mode.

Sama seperti Oppo F11, Samsung Galaxy A50 disertakan efek bokeh pada menu live focus. Efek bokeh yang dihasilkan pun masih terbilang natural. Fitur ultrawide pada Galaxy A50 mampu menangkap objek foto dengan sudut pandang lebih luas.

Kamera selfie Samsung Galaxy A50 beresolusi 25 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Saat selfie menggunakan Samsung Galaxy A50 hasilnya un cukup baik.

Disertakan pula fitur emoji AR dengan beragam karakter menarik. Fitur emoji AR ini hanya bisa digunakan pada kamera selfie.

Untuk video, didukung mode video, slow motion dan hyperlapse.

Hardware dan Performa

Dapur pacunya, Oppo F11 diperkuat chipset Mediatek Helio P70 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G72 MP3. Sedangkan Samsung Galaxy A50 dibenamkan chipset Exynos 9610 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G72 MP3.

Oppo F11 ditopang RAM 4GB, ROM 128GB serta slot MicroSD hingga 256GB. Sementara Samsung Galaxy A50 disokong RAM 6GB, ROM 64GB serta slot MicroSD hingga 1TB.

Untuk menguji kedua ponsel ini, kami melakukan sejumlah tes seperti benchmark, bermain game dan uji audio. Benchmark yang kami gunakan adalah AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 4. Semua tes benchmark berhasil dilalui kedua smartphone ini dengan mulus.

Di AnTuTu, Samsung Galaxy A50 meraih skor 140487. Sementara Oppo F11 meraih skor lebih tinggi ketimbang Samsung Galaxy A50 di AnTuTu yakni 148853.

Untuk tes PC Mark dan 3D Mark, Samsung Galaxy A50 meraih skor 5842 dan 16949. Sedangkan Oppo F11 meraih skor lebih tinggi dibandingkan Galaxy A50 yakni 8004 untuk PC Mark dan 22193 untuk 3D Mark.

Tes Geekbench, Oppo F11 meraih skor 1570 untuk Single-Core dan 5985 untuk Multi-Core. Kali ini giliran Samsung Galaxy A50 yang mengalahkan Oppo F11 di Geekbench dengan 1709 untuk Single-Core dan 5572 untuk Multi-Core.

Kami juga bermain game di dua smartphone tersebut yang memiliki kualitas grafis tinggi seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor (AoV), Mortal Kombat dan Iron Blade. Semua game tersebut dilibas habis di Oppo F11 maupun Samsung Galaxy A50.

Untuk game PUBG, Samsung Galaxy A50 bisa menjalankan grafis HDR dan frame rate Ultra. Sementara itu, Oppo F11 hanya bisa menggunakan settingan grafis HD dengan Frame Rate High. Meski hanya bisa menjalankan settingan grafis HD dengan Frame Rate High, game PUBG berjalan lancar di Oppo F11 dan tidak ada lag sama sekali.

Ketika bermain PUBG di Samsung Galaxy A50, kontrol pada game kurang responsif. Terutama ketika menembak dan berjalan.

Berbeda hal nya dengan bermain PUBG di Oppo F11. Kontrol game pada Oppo F11 memiliki respon yang cepat.

Selanjutnya, uji audio kami mendengarkan musik melalui aplikasi music player dan YouTube pada Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50. Oppo F11 juga disertakan fitur Real HD Sound yang menghasilkan kualitas suara lebih baik saat mendengarkan musik. Real HD Sound hanya bisa diaktifkan jika menggunakan earphone.

Anda dapat menemukan pengaturan khusus di menu setting>Real Sound Technology. Anda bisa memilih Sound Equalizer seperti Pop, Rock, Metal, Dance, Jazz, Hiphop, Classical, Country, Blues, Electro. Tak hanya itu, Anda juga dapat kustomisasi equalizer sendiri.

Soal audio, Samsung juga didukung teknologi Dolby Sound. Seperti Real Sound Technology pada Oppo F11, fitur Dolby Sound dapat diaktifkan ketika menggunakan earphone.

Ketika dua fitur tersebut diaktifkan, tentunya kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Kualitas suara yang dihasilkan Oppo F11 lebih bulat ketika menggunakan fitur Real Sound Technology. Sedangkan suara yang dihasilkan Samsung Galaxy tanpa menggunakan Dolby Sound kurang maksimal.

Software dan Fitur

Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50 sama-sama berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. OS Android Pie pada Oppo F11 berbalut ColorOS 6.0. Sedangkan Samsung Galaxy A50 menggunakan tampilan antarmuka One UI 1.1.

Tampilan Oppo F11 cukup simpel. Tak banyak disertakan aplikasi bawaan Oppo. Aplikasi bawaan Google seperti Gmail, YouTube dan lainnya.

Keduanya sama-sama didukung game mode. Oppo F11 memiliki fitur Fitur game space pada F11 sudah diperbarui dan ditingkatkan performanya. Seperti game space sebelumnya, fitur ini dapat meningkatkan performa ponsel, menghemat daya, menstabilkan jaringan dan lainnya.

Anda juga dapat menjawab dan menolak panggilan masuk ketika bermain game. Game favorit Anda juga bisa ditambahkan di fitur Game Space terbaru ini. Game dan aplikasi apapun dapat Anda tambahkan di Game Space.

Samsung juga memiliki fitur game mode bernama Game Launcher. Game Launcher ini juga mampu mengoptimalkan kinerja Galaxy A50 ketika bermain game.

Anda juga dapat menambahkan game pada game launcher ini. Namun, fitur yang disematkan pada Game Launcher ini tidak sebanyak fitur yang dimiliki Game Space.

Kedua smartphone ini dilengkapi fitur asisten virtual yang dapat membantu Anda dalam aktifitas harian. Asisten virtual Samsung bernama Bixby ini menampilkan notifikasi pesan, Bixby Voice, aplikasi harian dan lainnya.

Mirip Bixby, Smart Assistant pada Oppo F11 dapat membantu Anda mengoperasikan ponsel. Smart Assistant menyuguhkan perkiraan cuaca, kalender, fitness tracker dan sebagainya.

Fitur keamanan seperti fingerprint dan face unlock disematkan di dua ponsel ini. Sensor sidik jari pada Oppo F11 disisipi di body belakang ponsel. Sedangkan sensor fingerprint pada Samsung Galaxy A50 tertanam di dalam layar.

Face unlock pada Oppo F11 dan Samsung cukup cepat dalam membuka smartphone. Waktunya sama-sama di bawah 1 detik. Selisih waktunya tidak jauh berbeda.

Begitupun dengan sensor sidik jari pada dua smartphone ini cukup cepat dalam membuka kunci ponsel kurang dari 1 detik.

Daya tahan

Sumber energinya, Oppo F11 ditopang baterai berkapasitas 4020mAh. Dukungan fitur fast charging VOOC 3.0 pada F11 mampu mengisi ulang daya baterai dari kondisi 20% hingga full 100% dalam waktu sangat cepat dalam waktu 80 menit. Dalam kondisi di atas 20%, tentunya proses charging jauh lebih cepat sekitar 50 menit.

Dalam keadaan standby, Oppo F11 mampu bertahan hingga 1 hari 12 jam. Untuk penggunaan standar seperti email, jejaring sosial dan lainnya, Oppo F11 mampu bertahan kurang lebih seharian.

Ketika bermain game secara terus menerus, Oppo F11 bisa bertahan dalam 7 sampai 8 jam. Fitur AI Battery Management pada Oppo F11 juga mampu menghemat daya baterai ini.

Samsung Galaxy A50 dibenamkan baterai berkapasitas lebih kecil dari Oppo F11 yakni 4000mAh. Samsung Galaxy A50 juga didukung fitur fast charging 15W.

Proses isi daya Samsung Galaxy A50 membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dari kondisi 20% hingga full 100%. Dalam kondisi di atas 20%, pastinya proses charging lebih cepat sekitar 1 jam.

Dalam kondisi standby, Samsung Galaxy A50 mampu bertahan hingga seharian penuh. Untuk sosmed, email dan lainya, Galaxy A50 sanggup bertahan hingga 18 jam. Ketika bermain game, Galaxy A50 bisa bertahan hingga 5 sampai 6 jam.

Konektivitas

Oppo F11 disokong konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2 serta jaringan 2G/3G/4G. Sementara Samsung Galaxy A50 didukung konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0 serta jaringan 2G/3G/4G.

Untuk menguji jaringan, kami menggunakan aplikasi Speedtest besutan Ookla. Operator yang kami gunakan dalam uji jaringan ini sama yakni Indosat.

Di Speedtest, Oppo F11 meraih kecepatan download 41.2Mbps dan upload 16.2Mbps. Sedangkan Samsung Galaxy A50 meraih hasil download 28.9Mbps dan upload 35.2Mbps. Hasil uji jaringan yang dilakukan juga tergantung cuaca dan kondisi.

Oppo F11 dilengkapi sebuah slot SIM Card dan MicroSD. Sedangkan Samsung Galaxy A50 disisipi dua buah slot SIM Card dan sebuah slot MicroSD.

Kesimpulan

Dari segi desain, Oppo F11 terlihat lebih mewah dengan balutan warna Jewelry White dibandingkan Samsung Galaxy A50. Layar Oppo F11 lebih besar daripada Samsung Galaxy A50.

Hasil foto Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50 sama-sama baik. Foto yang dihasilkan Oppo F11 lebih tajam dan detail serta komposisi warna yang dihasilkan lebih pas dibandingkan Samsung Galaxy A50. Foto yang dihasilkan Samsung Galaxy A50 cenderung lebih terang daripada Oppo F11.

Dari uji performa yang dilakukan, Samsung Galaxy A50 dan Oppo F11, masing-masing unggul di beberapa tes. Performa keduanya sama-sama optimal.

Daya tahannya Oppo F11 jauh lebih irit ketimbang Samsung Galaxy A50. Proses charging Oppo F11 lebih cepat daripada Samsung Galaxy A50.

Harga yang ditawarkan Oppo F11 lebih murah daripada Samsung Galaxy A50. Dengan harga lebih terjangkau yakni Rp 3.999.000. Lantas mana yang Anda pilih, Oppo F11 atau Samsung Galaxy A50 ?

Latest