Sunday, June 16, 2019
Home News Gawat, Google Akan Cabut Dukungan Android ke Smartphone Huawei

Gawat, Google Akan Cabut Dukungan Android ke Smartphone Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Google akan mencabut akses update sistem operasi Android pada smartphone Huawei. Dilansir dari BBC, perangkat Huawei nantinya tidak bisa mengakses semua aplikasi bawaan Google.

Layanan apa yang akan dicabut diputuskan dengan tepat masih sedang dibahas oleh Google. Hingga saat ini, baik Google dan Huawei belum memberikan pernyataan resminya terkait hal ini.

Tentunya pencabutan akses ini akan menimbulkan kerugian bagi Huawei. Hingga saat ini sistem operasi Android dan aplikasi bawaan Google masih bisa berjalan lancar di semua smartphone Huawei.

Baca juga : Masuk Daftar Hitam, Huawei Tentang Keputusan Pemerintah AS

Langkah ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menambahkan Huawei ke daftar blacklist perusahaan yang tidak boleh menjual produknya ke Amerika kecuali memiliki lisensi.

Ben Wood, seorang konsultan dari CCS Insight memprediksikan bahwa pencabutan sistem operasi Google ini akan sangat merugikan bisnis Huawei.

Baca juga : Usung Konsep Baru, Huawei Siapkan Experience Store 3.5

“Sejauh ini, Huawei telah bekerja keras untuk mengembangkan Galeri Aplikasi dan chipset sendiri. Ini menunjukan bahwa Huawei ingin mandiri dan tidak mengandalkan pihak kedua,” kata Wood kepada BCC.

Setelah nantinya sistem operasi Android dicabut dari smartphone Huawei, maka konsumen tidak akan membeli produk Huawei.

Latest