Saturday, May 25, 2019
Home Smartphone Skala dan Interoperabilitas Jadi Alasan LG Tunda Peluncuran Smartphone 5G

Skala dan Interoperabilitas Jadi Alasan LG Tunda Peluncuran Smartphone 5G

-

Jakarta, Selular.ID – LG Electronics dilaporkan menunda peluncuran smartphone 5G pertamanya secara komersial, V50 ThinQ 5G, dengan alasan perusahaan berupaya lebih mengoptimalkan perangkat untuk jaringan di negara asalnya, Korea Selatan.

Laporan yang berasal dari sebuah postingan di blog LG menyatakan perusahaan menunda perangkat, yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, agar dapat bekerja dengan Qualcomm untuk mengoptimalkan konektivitas 5G-nya. Seperti banyak perangkat 5G lainnya, LG menggunakan teknologi modem Qualcomm X50.

Meski terlambat, keputusan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan berhati-hati dalam implementasi 5G. Mereka ingin memastikan smartphone dan infrastruktur jaringan bekerja secara mulus untuk memberikan konektivitas sebaik mungkin.

Ada beberapa spekulasi bahwa masalah ini berasal dari fakta bahwa operator di Korea Selatan bekerja dengan mitra infrastruktur yang berbeda, yang telah menyebabkan beberapa tantangan interoperabilitas dan skala bisnis.

Di sisi lain pesaing terdekat LG di pasar domestik, Samsung, terus memperluas keunggulannya di pasar, dengan Galaxy S10 5G yang sudah tersedia untuk pelanggan.

Diluar persoalan tersebut, langkah penundaan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk membuktikan gembar-gembor kepemimpinan dalam perlombaan teknologi 5G. Apalagi Korea Selatan menjadi semacam penentu untuk ketersediaan layanan komersial 5G, sebelum meluas ke berbagai negara-negara lain di dunia.

Sebelumnya, sosok V50 ThinQ, sudah diperkenalkan LG dalam ajang MWC 2019. Smartphone ini memiliki layar dengan poni (notch). Bentangnya selebar 6,4 inci berjenis OLED, memiliki resolusi 1440 x 3120, serta aspek rasio 19.5:9.

Desain tiga kamera utama milik LG V50 ThinQ ini diletakan rata dengan body, berbeda dari LG V40 ThinQ yang sebelumnya mendesain kamera dengan sedikit mengembung.

LG V50 ThinQ dibekali chipset Snapdragon 855 dan dipadukan RAM 6GB, serta penyimpanan 128 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan dilengkapi dengan fitur hiburan DTS:X surround sound

Sebelumnya gencar diberitakan bahwa V50 ThinQ bakal masuk pasaran pada akhir Juni 2019 dengan harga berkisar 1.000 dollar AS (Rp 14 jutaan). Ini karena LG V40 ThinQ sendiri dibanderol dengan harga 899 dollar AS (Rp 12,6 juta).

Dengan penundaan tersebut, belum diketahui lagi kapan persisnya V50 ThinQ, akan melenggang ke pasar.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest