Sunday, September 22, 2019
Home News FinTech Selama Tiga Tahun, Modalku Salurkan Rp 5 Triliun Pinjaman UMKM

Selama Tiga Tahun, Modalku Salurkan Rp 5 Triliun Pinjaman UMKM

-

Jakarta, Selular.ID – Modalku telah mencapai total pencairan modal usaha sebesar Rp 5,2 triliun bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia, Singapura, dan Malaysia sejak didirikan, yakni Januari 2016.

Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku menjelaskan, dari total pencairan ini, Indonesia merupakan pasar terbesar Modalku dengan kontribusi lebih dari Rp 3,1 triliun.

Peningkatan total pencairan dana UMKM Modalku pun semakin pesat. Angka total pencairan di Asia Tenggara naik Rp 1 triliun dari bulan Januari 2019 hingga akhir Maret 2019.

Hal ini menunjukkan semakin besar dan semakin cepatnya jangkauan Modalku terhadap UMKM di Asia Tenggara hanya selama 3 bulan pertama tahun 2019.

“Masih banyak hal yang ingin kami lakukan untuk mencapai sebanyak mungkin UMKM di Indonesia serta mendapatkan kepercayaan mereka.Cara Modalku adalah berkontribusi melalui penyediaan modal usaha ke segmen UMKM yang selama ini underserved atau kurang terlayani oleh institusi konvensional.”ujar Reynold.

Modalku hadir sebagai pionir Peer-to-Peer (P2P) Lending di Indonesia sejak Januari 2016.

Disebutkan Reynold, modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies. Sebagai perusahaan teknologi finansial yang baru berdiri 3 tahun.

Startup anak bangsa ini telah mencairkan lebih dari 350.000 pinjaman di Asia Tenggara dengan tingkat default (gagal bayar) tergolong rendah yaitu 0,76%.

Fajar Adiwidodo, selaku VP of Product Modalku, mengatakan, sektor UMKM berdampak besar bagi perekonomian Indonesia.

Data terbaru Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa UMKM Indonesia berkontribusi atas 60% dari PDB negara. Saat bicara soal UMKM, pedagang mikro dan warung tak bisa lepas dari diskusi. Mereka membentuk jumlah signifikan dari usaha lokal. Karena itu, Modalku semakin fokus menyalurkan pinjaman modal usaha tanpa agunan bagi pedagang mikro dan warung.”

Dimulai tahun ini, Modalku memperluas cakupan pembiayaan ke segmen mikro. Sesuai kebutuhan segmen, layanan mikro Modalku dibuat tanpa agunan, cepat, dan mudah.

Struktur pinjaman pun memungkinkan angsuran mingguan dengan bunga terjangkau, agar peminjam dapat menjalankan tujuannya mengembangkan usaha. Jumlah pinjaman dimulai dari Rp 3 juta, dengan jangka waktu pinjaman hingga 1 tahun.

Modalku menyediakan layanan Peer-to-Peer (P2P) Lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi
pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital.

Latest