Thursday, September 19, 2019
Home News Kuis Kepribadian Dilarang Tampil di Facebook

Kuis Kepribadian Dilarang Tampil di Facebook

-

Jakarta,Selular.ID-Membuat kuis adalah cara paling mudah bagi developer untuk mengumpulkan informasi pribadi dalam jumlah banyak.

Karena pengguna biasanya diminta untuk setuju memberikan data mereka sebelum bisa ikut dalam kuis.

Seperti yang dilakukan Facebook, namun akibat dari kuis tersebut, seperti dilaporkan BGR, Facebook dianggap membiarkan developer untuk mengumpulkan informasi dari teman dari teman pengguna.

Sehingga ini mengakibatkan Facebook seperti terkena masalah, karena dianggap mencuri data penggunanya.

Demi menjaga nama perusahaan yang telah dibanggun membuat Facebook mengambil keputusan untuk melarang aplikasi kuis kepribadian. Larangan kuis kepribadian merupakan bagian dari usaha Facebook untuk menentukan data apa saja yang bisa developer akses.

Satu hal lain yang Facebook lakukan adalah mengunci beberapa API lama untuk mengakses data pengguna. Tujuannya adalah untuk mencegah developer mengakses data pengguna jika sang pengguna telah tidak menggunakan aplikasi buatan developer selama 90 hari.

Keputusan ini diambil satu tahun sejak skandal Cambridge Analytica. Perusahaan (developer) berhasil mendapatkan data dari 87 juta pengguna Facebook melalui aplikasi kuis “thisisyourdigitallife”.

Facebook tidak pernah menegakkan peraturan mereka bahwa data harus disimpan dengan aman dan tidak boleh disalahgunakan. Dan Facebook membiarkan praktek ini selama bertahun-tahun.

Tahun lalu, Facebook mengumumkan beberapa perubahan yang mereka lakukan. Mereka ingin agar data pengguna mereka tidak disalahgunakan. Beberapa perubahan yang mereka lakukan, seperti batasan akses data pengguna, akan diberlakukan secara paksa.

Facebook menyebutkan, mereka akan menghapuskan aplikasi yang hanya memiliki sedikit keuntungan dari platform mereka

Latest