Saturday, May 25, 2019
Home News Kerap Disusupi, Google Tingkatkan Keamanan Demi Kenyamanan Pengguna Android

Kerap Disusupi, Google Tingkatkan Keamanan Demi Kenyamanan Pengguna Android

-

Jakarta, Selular.ID –Google sudah memiliki perlindungan dalam menghadapi teror malware. Google sudah dibekali fitur Google Play Protect, supaya malware sulit menyusup.

Seiring dengan kemanan data dan privasi penggunanya, fitur keamanan ini dikabarkan belum sepenuhnya dapat diandalkan, pasalnya seperti dilaporkan Zdnet, bahwa fitur tersebut saat ini masih belum sempurna.

Google menyebutkan bahwa jika para peretas kini semakin pandai dalam menipu AI Play Protect sehingga dapat lolos saat pemeriksaan.

Setelah menyadari belum sempurna,
Google baru-baru ini merilis laporan keamanan dan privasi tahunan. Dalam laporan tersebut, Play Protect diperbarui.

Google mengatakan bahwa perusahaan memiliki tiga pendekatan untuk keamanan Android.

Perusahaan menggunakan keamanan berlapis yang semuanya bekerja bersama untuk melindungi sistem operasi dan aplikasi.

Menurut Google, transparansi menciptakan keterbukaan dan kepercayaan.

Bagian ketiga dari keamanan Android disebut ‘Backed by Google’, berarti bahwa Android didukung oleh para profesional kelas dunia dalam ilmu komputer dan keamanan.

Google Play Protect, memindai semua aplikasi pada perangkat yang mencari Aplikasi yang Berpotensi Berbahaya (PHA). Google Play Protect memindai 50 miliar aplikasi pada 2 miliar perangkat.

Fitur ini kini tersedia secara default pada semua ponsel Android.

Tahun lalu Google juga menambahkan pemberitahuan yang memperingatkan pengguna Android ketika mereka menginstal aplikasi di luar Google Play Store, dan ketika mereka akan menginstal aplikasi berbahaya.

Google juga telah meningkatkan jumlah perangkat yang menerima pembaruan keamanan rutin. Bahkan, selama kuartal keempat tahun lalu, 84% lebih banyak perangkat menerima pembaruan keamanan dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest