Beranda Apps Ini Alasan Google Tunda Hadirkan Fitur Scoped Storage di Android Q

Ini Alasan Google Tunda Hadirkan Fitur Scoped Storage di Android Q

-

Jakarta, Selular.ID – Google memperkenalkan fitur keamanan baru bernama Scoped Storage pada sistem operasi Android Q. Dikutip dari GSMArena, fitur ini diperkenalkan mampu mengubah cara aplikasi berinteraksi dengan penyimpanan perangkat.

Scoped Storage memungkinkan setiap aplikasi akan memiliki penyimpanan sandbox sendiri. Dengan begitu, setiap aplikasi mampu menyimpan data sendiri. Namun, aplikasi memiliki batasan tertentu pada sandbox dan tidak akan memiliki akses untuk beralih ke bagian lain dari storage Anda.

Baca juga : Android Q Akan Hadirkan 3D Touch Seperti iPhone

Sayangnya, penerapan Scoped Storage pada Android Q Beta 2 tidak berjalan mulus. Pengguna Android Q Beta 2 mengalami masalah ketika mengakses fitur Scoped Storage.

Setelah melewati Android Q versi Beta 2, Google menerapkan fitur Scoped Storage di board. Ini justru menyebabkan semua aplikasi berhenti operasi. Bahkan, menyarankan pengguna untuk uninstall dan install ulang aplikasi.

Baca juga : Sistem Navigasi Android Q Kabarnya Mirip iPhone

Oleh karena itu, Google mengharuskan semua developer menggunakan API terbaru untuk aplikasi mereka sebelum Android Q versi stabil resmi dirilis. Karena jangka waktu yang ditentukan terlalu cepat, sebagian besar developer tidak sempat memperbarui aplikasi mereka.

Hal inilah yang membuat Google untuk memutuskannya untuk menunda perilisan fitur Scoped Storage pada Android Q. Saat ini para developer tengah mengadopsi API baru untuk mendukung fitur Scoped Storage. Kemungkinan besar, fitur Scoped Storage akan diterapkan pada sistem operasi Google selanjutnya yakni Android R di tahun 2020 mendatang.

Artikel Terbaru