Tuesday, April 23, 2019
Home Apps Google Duo Janjikan Hemat Data dengan Fitur Ini

Google Duo Janjikan Hemat Data dengan Fitur Ini

-

Jakarta, Selular.ID – Aplikasi video chatting, Google Duo kabarnya memiliki perbedaan dari aplikasi video chatting lainnya. Google Duo disebut-sebut mampu menghemat data dengan fitur terbaru yang dihadirkan.

Meskipun tidak menyebutkan seberapa hematnya data yang dihadirkan jika pengguna menggunakan Google Duo, namun aplikasi ini memiliki fitur yang akan membatasi jumlah data seluler yang mereka konsumsi saat menggunakan Duo.

Seperti dilaporkan Android Police, pembaruan aplikasi ini menggantikan pembaatasan data Seluler dengan Mode Hemat Data, yang dimatikan secara default. Fitur baru ini berfungsi untuk menurunkan konsumsi data seluler dan data Wi-Fi saat Duo digunakan. Lagi pula, banyak operator nirkabel dan penyedia Wi-Fi rumah memiliki limit data.

Untuk menurunkan konsumsi data seluler dan Wi-Fi, Google menurunkan kualitas video chat ke resolusi yang lebih rendah. Sebelum memutuskan apakah akan menggunakan Mode Hemat Data pada video chat, pratinjau akan menunjukkan seperti apa tampilan video chat dengan fitur yang dinonaktifkan (sekali lagi, pengaturan default) dan seperti apa dalam resolusi yang lebih rendah yang digunakan ketika fitur diaktifkan.

Dengan Mode Penghematan Data diaktifkan, bukan satu-satunya yang menghemat data seluler dan Wi-Fi. Itu karena pihak lain dari video chat juga akan melihat dan mengirim video dalam resolusi rendah, membantu menurunkan penggunaan data seluler dan Wi-Fi-nya. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Seperti diketahui, aplikasi video call memang bukanlah sesuatu yang baru. Banyak aplikasi video call yang menawarkan berbagai fitur menarik. Misalnya Skype, Google Duo bahkan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line juga menawarkan layanan video call.

Kini Google Duo menjadi aplikasi terpopuler mengalahkan kompetitor lainnya. Dikutip dari Ubergizmo, Google Duo telah diunduh sebanyak 1 miliar di Play Store. Sebelumnya, Google Duo memiliki jumlah download sekitar 500 pada 6 bulan lalu.

Dalam kurun waktu 6 bulan, Google Duo termasuk hebat bisa menaikan jumlah penggunannya sebanyak dua kali llipat. Ini menunjukan bahwa aplikasi Google Duo memang paling banyak digunakan pengguna Android.

Satu miliar tersebut hanya berasal dari pengguna Android. Tidak digabungkan dengan jumlah download di AppStore untuk perangkat iOS. Belum ada informasi tentang jumlah pengguna Google Duo untuk iOS.

Dibandingkan aplikasi serupa, selain mampu menghemat data, Google Duo memiliki fitur andalan yang tidak dimiliki kompetitor. Misalnya a bisa mengetahui situasi orang yang dihubungi sebelum panggilan dijawab. Inilah yang menjadi daya tarik pengguna Google Duo.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest