Saturday, August 15, 2020
       
Home News Market Update Gartner : Permintaan Smartphone High End Terus Menurun

Gartner : Permintaan Smartphone High End Terus Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – Pertumbuhan ponsel di pasar global masih belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Dalam laporan terbaru yang dirilis pada Senin (11/4/2019), Gartner memprediksi bahwa pengiriman ponsel di seluruh dunia diperkirakan hanya mencapai 1,8 miliar unit pada 2019.

Angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar 0,5% dari tahun ke tahun. Penyebab utama karena pengguna memilih untuk meningkatkan perangkat mereka ke segmen lebih rendah dari sebelumnya.

Akibatnya, pasar ponsel kelas atas akan terus menunjukkan penurunan di pasar yang matang dalam periode tersebut.

Dengan kecenderungan konsumen memperpanjang masa pakai ponsel mereka, Gartner memperkirakan rata-rata masa pakai ponsel kelas atas meningkat dari 2,6 tahun menjadi 2,8 tahun hingga 2023.

“Pengguna telah mencapai ambang batas untuk teknologi dan aplikasi baru. Itu berarti, kecuali model-model baru memberikan utilitas, efisiensi, atau pengalaman baru yang signifikan, pengguna tidak ingin atau merasa perlu meningkatkan perangkat yang dimilikinya,” kata Roberta Cozza, Direktur Penelitian Gartner.

Namun Gartner tidak merinci seberapa dalam penurunan yang terjadi pasar ponsel high end. Termasuk wilayah-wilayah yang paling terdampak.

Setelah periode penurunan, Gartner memprediksi, pada 2020 pasar ponsel diperkirakan akan kembali tumbuh, dengan pengiriman meningkat 1,2% dibandingkan 2019.

Lebih lanjut, Gartner memprediksi bahwa ponsel yang dapat dilipat akan menyumbang 5% dari ponsel kelas atas pada 2023, sebesar 30 juta unit. Kehadiran 5G, akan mendorong pertumbuhan smartphone baru, dengan pertumbuhan yang menggembirakan, yakni mulai tahun tersebut dan seterusnya.

“Dalam lima tahun ke depan, kami berharap ponsel yang dapat dilipat tetap menjadi produk khusus karena beberapa tantangan manufaktur. Selain permukaan layar, faktor harga juga menjadi penghalang meski kami perkirakan akan menurun seiring berjalannya waktu, ” tambah Cozza.

Survey Gartner, menyimpulkan bahwa total pengiriman perangkat di seluruh dunia, baik PC, tablet, dan ponsel – diperkirakan mencapai 2,21 miliar unit pada 2019. Angka itu menunjukkan pertumbuhan yang datar dari tahun ke tahun.

Khusus untuk PC, Gartner meyakini permintaan komputer rumah itu, akan melanjutkan tren penurunan karena semakin banyak konsumen yang memilih perangkat mobile, ketimbang membeli PC baru.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest