Thursday, April 25, 2019
Home News Market Update Xiaomi Kirimkan 118 Juta Unit Smartphone Selama 2018

Xiaomi Kirimkan 118 Juta Unit Smartphone Selama 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Meskipun penjualan smartphone selama tahun lalu tergolong stagnan (pasar global tumbuh hanya 0,1%) Xiaomi akhirnya menerbitkan hasil keuangan 2018 dan jumlahnya cukup mengesankan.

Secara keseluruhan, Xiaomi melaporkan pendapatan 174,9 miliar yuan (Rp370 triliun) untuk seluruh tahun, mewakili pertumbuhan yang kuat sebesar 41,3% tahun-ke-tahun.

Laba perusahaan untuk periode tersebut bahkan tumbuh 59,5% YoY menjadi 8,5 miliar yuan (Rp18 triliun).

Sumber utama pertumbuhan ini adalah bisnis smartphone perusahaan. Selain melihat kenaikan harga jual rata-rata (ASP) dari perangkatnya, pengiriman keseluruhan Xiaomi tumbuh 29,8% secara mengejutkan sepanjang 2018 menjadi 118,7 juta perangkat.

Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia memegang Redmi S2

China sekali lagi merupakan pasar terbesar Xiaomi, yang menyumbang 60% dari seluruh penjualan. Namun, ekspansi internasional vendor juga berjalan cukup baik.

Penjualan di luar China melonjak 118,1%. India dan Indonesia terbukti menjadi pasar besar bagi perusahaan.

Xiaomi juga mengalami pertumbuhan yang sangat kuat di Eropa Barat, di mana penjualannya meningkat 415,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain smartphone, bisnis lain Xiaomi juga terus tumbuh sepanjang tahun lalu. Produk IoT dan gaya hidupnya menghasilkan pendapatan yang cukup besar 43,8 miliar yuan (Rp92 triliun).

Tahun ini, Xiaomi menerapkan strategi brand ganda di segmen smartphone. Perusahaan berharap bisa memperkuat kehadiran merek Xiaomi di segmen smartphone kelas menengah dan kelas atas, sementara Redmi akan fokus pada pasar low-end.

Brand lain seperti Black Shark dan Poco juga akan melayani ceruk pasar yang lebih banyak (gaming phone dan flagship).

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest