Thursday, July 18, 2019
Home Tips Tips Atasi Kamera Smartphone yang Buram

Tips Atasi Kamera Smartphone yang Buram

-

Jakarta, Selular.ID – Baik murah atau mahal, kamera di smartphone pernah mengalami Jika smartphone Anda mulai memotret dengan buram, jangan langsung di-lembiru. Tidak perlu khawatir,, ada cara sederhana untuk mengatasi hal itu dan acap kali berhasil.

Insiden yang kerap terjadi, kamera tiba-tiba menolak untuk fokus, baik itu kamera depan atau belakang. Kemungkinan, penderitaan ini sering dialami pengguna selama bertahun-tahun menggunakan ponsel berkamera, pada perangkat yang berbeda.

Berikut tips yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pada kamera smartphone Anda.

Pertama-tama, jika Anda pernah melakukan riset kecil-kecilan sebelumnya, maka Anda mungkin menemukan banyak tips. Mulai dari me-restart perangkat, menutup paksa aplikasi kamera, membersihkan cache, dan lainnya.

Namun, karena masalah ini kemungkinan besar tidak terkait dengan perangkat keras di dalam perangkat Anda, kami akan mengabaikan metode penanggulan itu untuk saat ini. Tentu saja, silakan melalui semua langkah dasar di atas hanya untuk memastikan.

Cara mengatasi kamera buram

Kamera dapat fokus dengan mengubah jarak antara lensa dan sensor. Smartphone memiliki serangkaian lensa kecil yang bergerak bolak-balik, sehingga mengubah di mana cahaya yang ditangkap menyatu pada sensor, untuk menentukan subjek yang ada dalam fokus dan apa yang tidak.

Tidak perlu terlalu dipikirkan mengenai hal itu, yang perlu Anda ketahui adalah ada hal-hal kecil yang bergerak di smartphone dan terkadang ada yang macet.

Setelah melewati semua langkah pemecahan dasar, seperti menutup paksa aplikasi kamera dan me-reboot perangkat, ada hal lain yang mungkin ingin Anda coba.

Jika smartphone memiliki mode kamera manual, aktifkan dan cari pengaturan fokus manual. Kemudian coba gerakkan slider ke kiri dan kanan untuk melihat apakah gerakan ini mengubah fokus. Cara ini patut dicoba.

Setelah mencoba cara lain, saatnya untuk memgatasi permasalah dengan cara paling sederhana, yang juga memiliki tingkat keberhasilan tertinggi.

Balikkan smartphone Anda dan ketuk kamera dengan kuat menggunakan jari Anda. Serius, cukup ketuk kamera. Dalam banyak kasus, ini akan membantu kamera kembali fokus.

Jika tidak, coba goyangkan smartphone atau tekan dengan kuat ke telapak tangan Anda. Mungkin ini terdengar kontra-intuitif untuk memukul-mukul smartphone mahal, tetapi itu benar-benar berfungsi.

Penyebab kamera buram

Penyebab masalah kamera gagal fokus bisa banyak hal dan beragam. Seperti yang sudah dikatakan, itu bisa saja terjadi karena ada hal-hal kecil yang bergerak di dalam kamera dan kadang-kadang mereka macet.

Namun, masalah ini juga bisa juga disebabkan oleh kerusakan fisik atau cairan di dalam perangkat. Misalnya jika smartphone Anda baru-baru ini jatuh atau kehujanan, penanggulangan di atas masih relevan diaplikasikan.

Namun, jika kamera buram terus berlanjut usai perbaikan di atas, kami sarankan untuk memanfaatkan kartu garansi Anda dan berkonsultasi dengan ahlinya.

Latest