Thursday, April 25, 2019
Home News Tiru Langkah Telkomsel, Spark Uji Coba Mobil Otonom 5G

Tiru Langkah Telkomsel, Spark Uji Coba Mobil Otonom 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Operator terbesar di Selandia Baru Spark, bermitra dengan penyedia teknologi kendaraan otonom Ohmio Automotion, menguji apa yang diklaimnya sebagai kendaraan tanpa pengemudi pertama di negara Kiwi itu yang dihubungkan oleh teknologi 5G.

Dalam sebuah pernyataan resmi, operator mengatakan pengujian dilakukan di area terkendali di Auckland Wynyard Quarter Innovation Precinct, menggunakan jaringan 5G pra-komersial yang digunakan di 5G Innovation Lab.

Fasilitas itu dibuka pada November 2018 untuk memamerkan teknologi 5G kepada masyarakat, media massa, sekaligus mitra bisnis lokal.

Mobil dengan layanan 5G itu, dikembangkan oleh Ohmio Automation, sebuah perusahaan yang berbasis di Selandia Baru yang telah melakukan uji coba kendaraan otonom di bandara Christchurch. Mobil itu ditingkatkan dengan teknologi baru untuk memungkinkan integrasi dengan jaringan uji 5G.

Mahmood Hikmet, Kepala R&D Ohmio Automation, mengatakan bahwa pengujian dengan Spark ini adalah yang kedua dari jenisnya di dunia.

“Uji coba ini menunjukkan beberapa peluang menarik yang akan dimungkinkan oleh 5G untuk teknologi mobil otonom”, ujarnya.

Mahmood menyebutkan penurunan latensi yang signifikan akan memberikan mobil refleks seperti manusia. Sekaligus membuka banyak kemungkinan untuk infrastruktur yang terhubung dan juga kota pintar.

Mobil yang terhubung dengan 5G dapat memuat hingga empat orang. Penumpang dapat memesannya menggunakan tablet. Dasbor menampilkan apa yang sedang dipantau mobil secara langsung menggunakan teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging).

Dalam uji coba, kendaraan mampu mengemudi sendiri hingga 25 km/jam, dan kecepatan tertinggi pada 7 km/jam. Uji coba ini mencakup loop test drive yang diprogram dalam waktu sekitar tujuh menit.

Colin Brown, pemimpin Spark untuk evolusi jaringan, mengatakan bahwa kemitraan dengan Ohmio Automation, menunjukkan bahwa potensi 5G jauh melampaui kecepatan ponsel dan koneksi broadband nirkabel.

Uji coba mobil otonom yang dilakukan Spark merupakan bagian dari langkah strategis dalam persiapan menuju 5G. Spark sebelumnya menyatakan akan meluncurkan jaringan 5G komersial pertama di Auckland, ibu kota Selandia Baru, pada Juli 2020 mendatang.

Uji coba mobil otonom 5G yang dikembangkan Spark sesungguhnya sudah dilakukan di Indonesia. Dalam gelaran Asian Games pertengahan tahun lalu, Telkomsel menghadirkan “5G Experience Center”.

Berbagai demo ditampilkan oleh operator terbesar di Indonesia  itu dengan menggunakan jaringan 5G. Salah satunya adalah kendaraan autonomus yang akan digunakan di masa mendatang. Sesuai namanya, mobil otonom ini mampu berjalan sendiri secara otomatis tanpa pengemudi.

Indra Mardiatna, Vice President Technology & system Telkomsel, menyebtukan kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR  dan AI (Artificial Intelligent).

Mobil 5G Telkomsel

Kendaraan otonom yang kerap disebut mobil “hantu” ini, membutuhkan jaringan dengan latensi rendah sebesar 1 millisecond.

Kecepatan transfer data sebesar 20 Gbps agar dapat melakukan komunikasi dengan kendaraan lainnya serta menghubungkan infrastruktur dengan perangkat serta memastikan mobilitas tanpa hambatan.

Mobil “hantu” ini diproduksi oleh produsen otomotif asal Perancis, Navya. Arsitektur jaringan dan teknologi yang melengkapi mobil ini dikembangkan oleh Telkomsel bersama dengan ST Engineering dari Korea.

Mobil ini menggunakan penggerak listrik dengan daya battery pack kapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam. Pengisian daya dilakukan dengan cara di charge selama 7-8 jam.

Navya memiliki panjang 4.750 mm, lebar 2.110 mm, tinggi 2.650 mm serta bobot bobot kosong 2.400 kilogram. Mobil ini dilengkapi 5G live streaming.

Kemampuan mobil otonom tersebut dimungkinkan dengan teknologi AI dan 5G yang memiliki high throughput hingga 20 Gbps serta low latency (1 millisecond).

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest