Beranda News Telco Operator Tidak Mampu Investasi di MRT Akibat Perang Tarif

Operator Tidak Mampu Investasi di MRT Akibat Perang Tarif

-

Jakarta, Selular.ID – Awal April 2019 mendatang MRT Jakarta akan beroperasi secara komersil, namun masih ada beberapa hal yang dinilai masih mengganggu kenyamanan penggunanya seprti sulitnya akses telekomunikasi di moda transportasi baru tersebut.

Sulitnya akses telekomunikasi yang dirasakan pengguna MRT Jakarta ini dikarenakan masih adanya operator yang belum memasang jaringannya. Enny Sri Hartati, Direktur Eksekutif The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengkritisi hal ini.

Menurut Enny sudah seharusnya seluruh masyarakat dan dunia usaha mendukung program strategis nasional termasuk keberadaan layanan MRT di Jakarta.

Enny menilai proyek MRT merupakan program strategis nasional dan pioneer di bidang transportasi massal moderen. Harusnya perusahaan telekomunikasi mau berkontribusi di program pemerintah tersebut dengan membangun jaringan telekomunikasi di sepanjang jalur MRT.

“Pemerintah tentunya membutuhkan kontribusi serta dukungan semua pihak termasuk perusahaan telekomunikasi. Seharusnya perusahaan telekomunikasi mau membangun jaringan telekomunikasi di MRT. Tujuannya agar masyarakat mendapatkan kenyamanan dalam berkomunikasi dan tertarik untuk menggunakan layanan umum seperti MRT,” terang Enny.

Terkait tingginya biaya instalasi jaringan sepanjang jalur MRT Jakrata yang membuat operator belum mau memasang jaringannya, menurut ekonom ini seharusnya PT MRT Indonesia dan Tower Bersama dapat transparan kepada publik berapa sebenarnya biaya yang dikenakan untuk setiap operator.

Menurut kalkulasi Enny, seharusnya dengan banyak operator yang tertarik membangun jaringan sepanjang jalur MRT, komponen biaya yang ditanggung oleh masing-masing operator akan berkurang. Karena biaya pembangunan jaringan telekomunikasi di MRT ditanggung renteng oleh seluruh operator.

“Jika memang harga sudah transparan disampaikan oleh PT MRT dan Tower Bersama namun masih ada operator yang tak sanggup membayar, maka operator tersebut tak boleh komplain. Apalagi menuduh jika ada monopoli oleh salah satu operator. Selain itu pelanggan yang tak mendapatkan layanan telekomunikasi di MRT juga tidak boleh komplain ke pemerintah. Tetapi komplain ke operator mereka yang tak mau investasi di jalur MRT,” terang Enny.

Lebih lanjut disampaikan Enny, ketidakmampuan operator berinvestasi dengan memasang jaringannya di MRT juga sebagai akibat dari perang tarif yang selama ini dilakukan operator yang membuat mereka kehilangan daya saing karena perang tarif ini menggerus pendapatan operator.

Kerugian dari perang tarif tersebut sudah nampak, yaitu tidak adanya pemerataan layanan telekomunikasi. Kebanyakan operator yang ada saat ini dinilai Enny hanya mau berinvestasi jika menguntungkan saja dan enggan berinvestasi jika tidak menguntungkan seperti investasi di jalur MRT.

“Perang tarif yang saat ini terjadi sudah menimbulkan kerugian sosial karena operator tak mampu mendukung program pemerintah dalam pemerataan layanan dan jaringan telekomunikasi. Bahkan operator tak mampu lagi mendukung secara optimal program strategis nasional seperti menyediakan layanan telekomunikasi di jalur MRT,” terang Enny.

Enny meminta agar Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk segera meredakan perang tarif di industri telekomunikasi. Sehingga operator telekomunkasi memiliki kemampuan untuk mendukung program strategis nasional.

“Kita harus menjaga keseimbangan antara dunia usaha, masyarakat dan kepentingan nasional,” pungkas Enny.

Buyer's Guide

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Artikel Terbaru

Kategori Terkait