Monday, September 16, 2019
Home Apps Microsoft Siapkan OS Untuk Perangkat Layar Lipat

Microsoft Siapkan OS Untuk Perangkat Layar Lipat

-

Jakarta, Selular.ID – Diketahui bahwa tahun ini beberapa vendor akan mengenalkan smartphone layar lipat. Microsoft pun dikabarkan menyiapkan sistem operasi sebagai bagian dari rencana tersebut. Artinya 0S khusus untuk smartphone layar lipat.

Keputusan Microsoft menyiapkan Windows Lite memang bukannya tanpa alasan. Perusahaan yang berbasis di Redmond itu dilaporkan memang tengah menyesuaikan diri dengan tren perangkat layar lipat yang diprediksi kian masif di masa depan.

Seperti dikabarkan BGR, Sistem operasi Windows Lite merupakan versi ringan dari Windows yang ditujukan untuk perangkat layar ganda.

Windows Lite sebenarnya, bukanlah nama resminya. Istilah tersebut hanya digunakan secara internal. Sesuai namanya dengan embel-embel “Lite”, sistem operasi ini adalah versi ringan Windows.

Kehadiran Windows Lite sendiri memang sudah terdengar sejak beberapa bulan belakangan. Bahkan, sejumlah laporan menyebut sistem operasi ini tidak semata-mata ditujukan untuk mengantisipasi tren perangkat layar lipat, melainkan menjadi salah satu strategi Microsoft membendung adopsi Chromebook yang makin besar.

Os ini akan memiliki antarmuka yang sama dengan versi Windows yang ada saat ini. Akan tetapi akan ada beberap fitur yang dibatasi, mirip dengan yang ada di Surface Hub atau Windows Phone.

Belum diketahui kapan Microsoft akan meluncurkan perangkat dengan sistem operasi Windows Lite, sehingga masih ada kemungkinan untuk perombakan tampilan.

Microsoft diketahui telah menguji coba software ini bertahun-tahun. Microsoft sebelumnya membatasi fitur di Windows 10 dengan S Mode untuk menjalankan aplikasi dari Microsoft Store saja. Namun masih banyak fitur di antarmuka Windows yang masih berjalan meski S Mode diaktifkan. Dengan Windows Lite, maka Microsoft bisa menghasilkan Windows versi ringan lebih maksimal.

Latest