Wednesday, June 19, 2019
Home Apps Mencari Decacorn, Grab Luncurkan Thinkubator

Mencari Decacorn, Grab Luncurkan Thinkubator

-

Jakarta, Selular.ID – Guna mencari Decacorn di masa depan, Grab, meluncurkan Thinkubator Conference dan Startup Competition.

Thinkubator adalah hasil dari kerja sama antara Grab dengan empat kementerian dan badan pemerintahan (Menko Kemaritiman, KSP, Kominfo, BKPM & Bekraf) untuk meningkatkan ekspansi dan pengembangan industri teknologi serta startup di Indonesia.

Dengan Indonesia sebagai premiere edition, Grab juga berencana menghadirkan program ini ke berbagai negara Asia Tenggara untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi startup-startup regional untuk berkembang.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan, melalui Thinkubator, Grab ingin membangun sebuah platform yang terbuka dan inklusif untuk menemukan serta mengembangkan berbagai ide terbaik dari Indonesia.

“Sebagian besar kesuksesan Grab merupakan hasil dari berbagai pihak besar yang mendukung kami sehingga ini merupakan saatnya bagi kami untuk berkontribusi kembali melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pencarian kisah sukses startup berikutnya di Asia Tenggara.” kata Ridzki.

Menurut Ridzki, Thinkubator pertama kali digagas berdasarkan percakapan dengan Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan telah menjadi kompetisi nasional untuk mencari ide terbaik dalam berbagai kategori termasuk logistik/transportasi, pertanian/lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

Sebanyak 1.165 startup telah mendaftar dalam program ini dengan tim yang tidak hanya berasal dari kota-kota besar, namun juga dari wilayah Indonesia Timur dan berbagai provinsi lainnya.

Dari jumlah tersebut, 150 startup telah terpilih dan akan bergabung dalam konferensi yang dimulai hari ini termasuk kegiatan workshop dan sesi networking. Dari 150 finalis, 75 finalis berasal dari luar Jabodetabek, 17 berasal dari luar Jawa dan 35 tim memiliki founder dan co-founder perempuan.

Dari 150 startup, 6 finalis akan dipilih untuk pitching ide bisnis mereka di depan panel profesional seperti William Tanuwijaya, Co-Founder Tokopedia; Friderica Widyasari Dewi, Direktur Eksekutif KSEI; dan Chairul Tanjung, Ketua CT Corp.

Para finalis Thinkubator akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dengan total 3 miliar rupiah, termasuk akses ke Microsoft Azure untuk mengembangkan bisnis mereka.

“Profil perusahaan para pemenang juga akan semakin dipromosikan untuk menarik minat pendanaan lebih lanjut serta investasi dari perusahaan penyedia modal. Hal ini juga semakin diperkuat dengan posisi Indonesia saat ini sebagai salah satu negara tujuan utama untuk pengembangan investasi teknologi di Asia Tenggara,”kata Ridzki.

Disebutkan Luhut B Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, untuk membangun sumber daya manusia untuk berkompetisi secara aktif di era Industri 4.0 ini. Bakat yang ditingkatkan dapat membantu membuat revolusi industri seperti di transportasi, perikanan dan pariwisata.

“Kami melihat Thinkubator sebagai model sinergi yang kuat antara pemerintah dan pihak swasta seperti Grab untuk memberikan wadah bagi putra-putri Indonesia yang berbakat untuk maju dan membuat perubahan yang nyata,”tutur Luhut B Pandjaitan.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi menyebutkan pemerintah telah melakukan berbagai inisiatif untuk membantu startup tumbuh di Indonesia, dalam hal kebijakan dan peraturan.

Thinkubator merupakan inisiatif kolaborasi didukung karena memberikan manfaat tidak hanya bagi startup, tetapi juga bagi warga Indonesia melalui pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan serta produk dan solusi yang akan dihasilkan.

“Kami berharap dapat menemukan lebih banyak orang kreatif di seluruh negeri yang dapat membantu mempersiapkan Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2025. Dan bagi mereka yang mencari inspirasi untuk membuat bisnis mereka sendiri, Thinkubator akan menawarkan kesempatan dan pengalaman.”tutur Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Latest