Thursday, July 18, 2019
Home News Literasi Saat Internet Cepat Sampai Pelosok Sangat Diperlukan

Literasi Saat Internet Cepat Sampai Pelosok Sangat Diperlukan

-

Jakarta, Selular.ID – Hingga sejauh ini Palapa Ring hanya menunggu paket Timur selesai, disebutkan paket Timur ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2019.

Ketika itu selesai, masyarakat pelosok dapat menikmati internet cepat. Hal ini tentunya memudahkan masyarakat pelosok dalam mengakses internet dan berkomunikasi tanpa hambatan, asalkan paket data sudah terisi.

Namun, masalah tidak selesai sampai disitu. Menurut Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, kepala daerah harus melakukan edukasi, literasi kepada masyarakat yang baru melek internet.

Dia mengatakan perubahan budaya saat masuknya internet ke daerah pelosok harus disiapkan lebih dahulu melalui literasi.

“Jangan sampai nanti begitu internet cepat masuk, mereka malah melakukan hal-hal yang tidak baik, ini pentingnya literasi kepala desa untuk masyarakatnya,”ujar Rudiantara di Jakarta (20/03/19)

Selanjutnya, pemerintah daerah juga diminta mengedukasi masyarakatnya supaya tidak menggunakan media sosial untuk hal yang kurang baik, misalnya menyebarkan informasi palsu atau hoax.

Menurut Rudiantara, ini tugas bersama, karena sangat sulit untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

Karena media sosial adalah hal yang pertama kali diakses saat pengguna smartphone atau menggunakan internet, tentunya bagi mereka yang pertama kali mengakses internet.

“Biasanya kalau mereka ditanya punya email, dijawab tidak punya,tapi mereka jawab punya Facebook, dan mendapat informasi yang dishare di situ, padahal kan mereka bisa mendapatkan tidak hanya di sosial media, misalnya googling mengenai informasi yang ingin diketahui,”ujar Rudiantara

Latest