Monday, October 14, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Komparasi Realme 3 VS Redmi Note 7, Unggul Mana?

Komparasi Realme 3 VS Redmi Note 7, Unggul Mana?

-

Jakarta, Selular.ID – Belum lama ini, lini produk Xiaomi yakni Redmi memisahkan diri dengan induknya dan resmi menjadi sub brand. Kehadiran Redmi sebagai sub brand menambah ketatnya persaingan di ranah smartphone.

Brand smartphone Cina sejauh ini mendominasi sub brand di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Misalnya Realme, Redmi, Pocophone dan Honor.

Munculnya Redmi sebagai sub brand menambah anggota baru sub brand Xiaomi setelah Pocophone. Redmi menyasar segmen menengah. Sedangkan Pocophone menyasar segmen premium.

Redmi dan Realme sama-sama bersaing di kelas menengah di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Pekan lalu, Realme meluncurkan smartphone terbarunya yakni Realme 3. Tak mau kalah saing, Redmi juga akan segera memboyong smartphone barunya ke Indonesia yakni Redmi Note 7.

Baik Realme 3 maupun Redmi Note 7 sama-sama berkisar di harga Rp 2 jutaan. Keduanya sama-sama mengusung performa, desain dan kamera sebagai fitur andalan.

Realme 3 hadir dalam 3 konfigurasi yakni RAM 4GB dengan ROM 64GB, RAM 3GB dengan ROM 64GB dan RAM 3GB dan ROM 32GB. Sedangkan Redmi Note 7 hadir dalam 3 konfigurasi yakni RAM 4GB dengan ROM 64GB, RAM 6GB dengan ROM 128GB dan RAM 3GB dengan ROM 32GB.

Realme 3 tersaji dalam varian warna Black, Dynamic Black dan Radiant Blue. Sedangkan Realme 3 Redmi Note 7 tersedia dalam varian warna Blue, Black dan Twilight Gold.

Redaksi Selular.ID melakukan komparasi Realme 3 dengan Redmi Note 7. Varian Realme 3 yang kami komparasi adalah 4/64 dengan warna Radiant Blue. Sedangkan Redmi Note 7 yang kami ulas adalah varian 3/32 dengan warna biru dan merupakan versi china.

Mana yang lebih unggul Realme 3 atau Redmi Note 7? Simak ulasannya berikut ini.

Realme 3 Vs Redmi Note 7

Desain

Dari segi desain, Redmi Note 7 nyaris sama dengan Realme 3. Bedanya hanya sedikit.

Warna Radiant Blue dengan gradasi warna pada body belakang menambah kesan elegan Realme 3. Radiant Blue menggabungkan efek cermin dengan warna biru dan hijau. Ketika Realme 3 terkena pantulan cahaya, maka gradasi warnanya lebih terlihat.

Realme 3 mengusung desain unibody berbalut material polikarbonat. Body Realme 3 menyerupai sandwich dan tersusun oleh layar, frame, dan cover belakang. Garis samping bodi yang nyaris tak terlihat membuat keseluruhan bodi Realme 3 terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis.

Sementara pesaingnya, yakni Redmi Note 7 juga tak mau kalah dengan mengusung warna gradasi. Kendati mengusung warna gradasi, desain keseluruhan dari Redmi Note 7 terhitung cukup mainstream.

Realme 3 memiliki bobot 175g dan dimensi 156.1 x 75.6 x 8.3 mm.

Sedangkan Redmi Note 7 memiliki bobot lebih berat mencapai 186g dan dimensi lebih luas yakni 159.2 x 75.2 x 8.1 mm. Ketika digenggam, jelas Redmi Note 7 lebih berat dibandingkan Realme 3.

Ketika kami menggenggam Realme 3 cukup nyaman dan tidak terlalu berat. Sudut lengkung atau kurva menambah kenyamanan Realme 3 saat digenggam.

Sama halnya dengan Realme 3, Redmi Note 7 juga mengusung sudut lengkung. Ketika digenggam pun cukup nyaman, namun lebih berat.

Kamera utama ganda beresolusi 13MP+2MP, LED Falsh, sensor fingerprint dan logo Realme terpampang di bagian belakang Realme 3. Sedangkan bagian belakang Redmi Note 7 disisipi kamera utama 48 MP + 5 MP, LED Flash, fingerprint dan logo Redmi.

Body belakang Redmi Note 7 dibuat lebih datar. Sedangkan body belakang Realme 3 sedikit lebih cembung.

Layar seluas 6.2 inci terbentang di bagian depan Realme 3. Di atas layar terdapat notch dewdrop sebagai wadah kamera selfie 13MP dan sebuah speaker receiver.

Sedangkan Redmi Note 7 memiliki layar yang lebih luas dari dari Realme 3 dengan bentang 6.3 inci yang terbentang di bagian depan. Di atas layar juga terdapat notch yang menampung speaker receiver dan kamera selfie 13 MP.

Sisi kiri Realme 3 dijumpai tombol volume up and down serta slot MicroSD. Sedangkan sisi kiri Redmi Note 7 dibubuhi slot MicroSD.

Sisi kanan Realme 3 hanya terdapat tombol power. Sementara sisi kanan Redmi Note 7 terdapat tombol volume up and down serta tombol power.

Bagian bawah Realme 3 disisipi port microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm, dua buah lubang mic dan sebuah speaker. Sementara bagian bawah Redmi Note 7 disematkan port USB type-C yang diapit dua buah speaker.

Bagian atas Realme 3 polos saja, tidak ditemui apapun. Sedangkan bagian atas Redmi Note 7 dibubuhi jack audio 3,5 mm dan lubang mic.

Kamera

Realme 3 disematkan kamera utama ganda beresolusi 13MP dan 2MP. Lensa utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8. Sedangkan lensa sekundernya beresolusi 2MP didukung depth sensor.

Sedangkan Redmi Note 7 memiliki resolusi kamera utama lebih besar 48MP dan 5MP. Lensa utamanya beresolusi 48MP dan lensa sekunder 5MP.

Baik kamera utama maupun selfie Realme 3 dan Redmi Note 7 sama-sama didukung teknologi AI. Teknologi AI pada kamera Realme 3 bekerja secara otomatis. Sedangkan fitur AI pada kamera Redmi Note 7 dapat Anda aktifkan.

Meskipun resolusi kamera utama Realme 3 lebih kecil, namun smartphone ini mengusung fitur baru seperti Mode Chroma Boost dan Mode Nightscape yang membuat hasil foto lebih baik. Tersaji mode photo, portrait, pano dan expert. Beragam filter menarik juga disajikan di menu kamera utama maupun selfie.

Mode Chroma Boost menghasilkan foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang. Mode ini bekerja menggunakan algoritma AI. Chroma Boost dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan melalui menu kamera utama. Chroma boost ini juga mirip seperti mode HDR.

Saat kami mencobanya, mode Chroma Boost ini mampu menyesuaikan warna objek dengan kondisi di sekitar seperti indoor, outdoor, pagi, siang, maupun malam hari. Misalnya, ketika mengambil objek tanaman di outdoor, komposisi warna yang dihasilkan sangat pas.

Kamera Redmi Note 7 tidak mendukung mode chroma boost. Hanya mendukung mode HDR.

Ketika kami mencoba kamera utama Redmi Note 7, foto yang dihasilkan cenderung lebih terang. Komposisi warna yang dihasilkan Realme 3 lebih baik ketimbang Redmi Note 7.

Dalam kondisi minim cahaya, kamera Realme 3 mampu menangkap objek dengan baik. Agar hasil foto low light semakin bagus, Anda bisa menggunakan Mode Nightscape. Dukungan teknologi AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Mode Nightscape mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Ketika kami mengambil foto dalam kondisi minim cahaya ataupun malam hari, foto yang dihasilkan melalui teknologi ini cukup baik. Noise tidak terlalu terlihat dalam foto tersebut.

Untuk menggunakan mode Nightscape, Anda hanya perlu menekan tombol kamera lalu tahan selama 4 detik untuk fokus ke objek foto. Usahakan objek foto tidak bergerak selama 4 detik, agar hasilnya optimal.

Mode night scape ini mirip seperti night mode. Namun kemampuannya sudah ditingkatkan.

Redmi Note 7 hanya memiliki fitur night mode. Foto yang dihaslikan fitur night mode ini ketika kondisi minim cahaya cukup baik.

Namun, noise masih terlihat. Berbeda dengan mode night scape yang dihasilkan Realme 3. Hasilnya jauh lebih baik, noise nyaris tidak terlihat.

Kamera selfienya, Realme 3 dan Redmi Note 7 didukung resolusi yang sama yakni 13MP. Namun kamera seflie Realme 3 didukung lensa 5P.

Saat kami foto selfie, hasilnya cukup baik. Terlebih dalam kondisi cahaya cukup, foto selfie terlihat tajam dengan komposisi warna yang pas.

Saat kondisi minim cahaya, hasil foto cukup baik. Namun, noise masih banyak terlihat. Mungkin Anda bisa menggunakan LED Flash ketika selfie di malam hari ataupun kondisi minim cahaya.

Ketika kami selfie menggunakan kamera depan Redmi Note 7 hasilnya juga tak kalah bagus. Namun, warna yang dihasilkan Redmi Note 7 lebih nautral dibandingkan Realme 3.

Hardware dan Performa

Dapur pacunya, Realme 3 ditunjang MediaTek Helio P60 dengan proses FinFET 12nm terbaru TSMC yang lebih hemat daya. Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan clock speed hingga 2.0GHz.

Helio P60 memiliki teknologi khusus bernama NeuroPilot untuk mengolah teknologi AI. NeuroPilot mampu melakukan pendeteksian wajah, pembelajaran yang mendalam, pengenalan adegan, akselerasi AR dan MR.

Sementara Redmi Note 7 dibenamkan chipset Qualcomm Snapradgon 660 yang dibangun dengan teknologi fabrikasi yang lebih lama, yakni 14 nm. Chipset Snapdragon 660 ini menggunakan prosesor 8 core Qualcomm Kryo 260 64 bit.

Untuk menguji performa Realme 3 dan Redmi Note 7, kami menggunakan aplikasi PC Mark. Redmi 3 meraih skor 6.790 untuk tes work performance 1.0. Sementara Realme 3 meraih skor lebih tinggi mencapai 10.909 dalam tes yang sama yakni work performance 1.0.

Kami juga mencoba bermain game yang sama yakni PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legends: Bang Bang. Untuk PUBG, settingan yang kami gunakan di kedua smartphone ini sama dengan settingan tertinggi dengan grafis HD dan frame rate high.

Untuk Mobile Legends: Bang Bang kami menggunakan setting grafis High. Hasilnya, kedua smartphone ini sanggup melibas kedua game tersebut dengan baik.

Tidak ada kendala berarti saat bermain kedua game tersebut. Namun, dukungan game space pada Realme 3 membuat performa smartphone ini lebih baik, gambar yang dihasilkan lebih halus serta bebas gangguan telepon ketika bermain game.

Daya tahan

Dayanya, Realme 3 dibenamkan baterai berkapasitas cukup besar yakni 4.230mAh. Kapasitas baterai tersebut memberikan daya tahan lebih lama pada Realme 3.

Dalam keadaan standby, Realme 3 mampu bertahan hingga seharian penuh atau 24 jam. Saat digunakan untuk browsing internet, smartphone ini bertahan hingga 21 jam.

Saat menonton video non stop, Realme 3 mampu bertahan hingga 12 jam. Ketika bermain game terus menerus, Realme 3 bertahan hingga 10 sampai 11 jam.

Mode Screen Battery Optimization pada Realme 3 membuat lebih irit daya. Keseimbangan dan Mode Efisiensi Energi Tinggi yang dapat dipilih pengguna untuk memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Proses isi daya Realme 3 terbilang cepat. Dari kondisi dibawah 20% hingga 100%, Realme 3 membutuhkan waktu isi daya 2 jam. Dalam kondisi diatas 20%, tentunya membutuhkan waktu yang sedikit dalam proses charging, sekitar 1 sampai 1 setengah jam.

Sedangkan Redmi Note 7 dibenamkan baterai berkapasitas lebih kecil, yakni 4.000. Proses isi dayanya, Redmi Note 7 memakan waktu lebih lama sekitar 2,5 jam.

Dalam keadaan standby, Redmi Note 7 mampu bertahan hingga seharian penuh atau 24 jam. Ketika bermain game terus menerus, Redmi Note 7 bertahan hingga 6 sampai 7 jam.

Harga dan layanan after sales

Realme 3 varian 4/64 dilepas seharga Rp2.399.000. Varian 3/64 dilepas seharga Rp2.099.000. Sedangkan varian 3/32 dijual seharga Rp1.799.000.

Realme resmi mendirikan Service Center Eksklusif Realme untuk pertama kalinya di Indonesia yang berlokasi di Roxy, Jakarta Barat. Realme Service Center akan melayani pelanggan dari Senin hingga Minggu mulai pukul 09:00 hingga 17:30 WIB. Service center ini menawarkan layanan perbaikan semua smartphone Realme dengan cepat hanya dalam waktu satu jam.

Sejumlah teknisi profesional dihadirkan Realme dalam service centernya. Selain itu, service center ini menyediakan aksesoris asli untuk dijual, konsultasi, upgrade, penggantian komponen dan pengiriman gratis. Selanjutnya, Realme akan membangun Exclusive Store pertamanya di dunia.

Untuk Redmi Note 7 sendiri belum ada harga resminya karena belum diluncurkan secara resmi di Indonesia. Di Cina, Redmi Note 7 dibanderol 999 Yuan atau sekitar Rp 2.100.000 untuk varian 3GB/32GB dibanderol.

Varian 4GB/64GB dijual 1.199 Yuan atau sekitar Rp2.500.000 juta. Varian tertinggi 6GB/64GB dibanderol 1.399 Yuan atau sekitar Rp2.900.000 juta.

Kesimpulan

Dari segi desain, Realme 3 lebih ringan dan lebih elegan dibandingkan Redmi Note 7. Hasil foto kamera utama Realme 3 lebih natural dibandingkan Redmi Note 7. Sementara hasil selfie Redmi Note 7 lebih natural dibandingkan Realme 3.

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki performa optimal. Namun, ketika bermain game Realme 3 lebih smooth dibandingkan Redmi Note 7.

Dari segi harga, Realme 3 lebih terjangkau dibandingkan Redmi Note 7. Untuk layanan after sales nya pun Realme lebih cepat dan baik.

Demikian perbandingan Realme 3 Vs Redmi Note 7, semoga bisa menjadi acuan pembaca untuk memilih smartphone terbaik yang dibutuhkan.

Latest