Sunday, August 18, 2019
Home News Kali Kedua, Gojek Dicekal di Filipina

Kali Kedua, Gojek Dicekal di Filipina

-

Jakarta, Selular.ID Januari 2019 lalu, Gojek melakukan ekspansi di Filipina. Namun, ekspansi Gojek di Filipina tidak berjalan mulus. Ini dikarenakan kepemilikan asing seperti dikatakan seorang pejabat pemerintah Filipina.

Dalam proposal yang diajukan, Gojek ingin masuk ekspansi ke pasar Filipina, melalui anak usaha Gojek yakni Velox Technology Philippines. Velox Technology Philippines sendiri merupakan perusahaan jaringan transportasi lokal yang dimiliki oleh asing.

Dewan Waralaba Transportasi dan Regulasi (The Land Transportation Franchising and Regulatory Board/LTFRB) membantah petisi anak perusahaan Gojek untuk menjadi layanan ride-hailing terbaru di negara Asia Tenggara. LTFRB menyatakan bahwa penolakan itu berdasarkan peraturan konstitusi Filipina.  

Velox Technology Philippines Inc, unit usaha Gojek dinilai Delgra tidak memenuhi persyaratan kewarganegaraan dan aplikasi tidak diverifikasi sesuai dengan aturan Pemerintah Filipina. Dalam peraturan tersebut tercantum bahwa hanya warga negara Filipina atau perusahaan dengan 60 persen kepemilikan lokal yang bisa mengoperasikan utilitas publik.

Penolakan tersebut, tidak membuat Gojek jera. Gojek terus berusaha untuk bisa membawa layananannya dan mematuhi semua aturan yang berlaku di Filipina.

Namun, upaya Gojek tersebut sia-sia. Kini kedua kalinya Gojek mengalami penolakan di Filipina.

Dilansir dari Rappler, LTFRB kembali menolak petisi ekspansi Gojek di Filipina. Dalam surat yang dierima Rappler pekan ini, Ketua LTFRB, Martin Delgra III mengkonfirmasi bahwa ekspansi Gojek atas nama Velox ditolak karena kepemilikan asing. Alasan penolakan ekspansi Gojek di Filipina masih sama dengan yang sebelumnya karena kasus kepemilikan asing Velox.

“Velox tidak memenuhi persyaratan kewarganegaraan,” ujar Delgra kepada Rappler.

Sumber lain menyebutkan bahwa Gojek kecewa dengan penolakan di Filipina tersebut.

“Kami kecewa dengan keputusan LTFRB yang menolak Gojek,” papar Gojek.

Latest