Jadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara, Ini Fokus Grab

Jakarta, Selular.ID – Grab kembali mendapatkan kucuran dana senilai USD1,46 miliar atau sekira Rp20 triliun lebih (dengan nilai Kurs USD1 = Rp14.000) dari SoftBank Vision Fund.

Dengan putaran pendanaan series H kali ini, Grab telah menerima total pendanaan senilai Iebih dari USD4,5 miliar. Dengan pendanaan ini merubah status Grab dari startup unicorn menjadi decacorn.

Keberhasilan Grab ini menjadikannya sebagai startup pertama di Asia Tenggara yang menyandang status tersebut.

Meski menjadi yang pertama menyandang status decacorn di Asia Tenggara, menurut Grab, decacorn tidak lebih dari status baru yang datang pada perusahaan rintisan asal Singapura.

“Dengan putaran pendanaan saat ini kita menjadi perusahaan decacorn yang pertama di Asia Tenggara, dengan status baru ini tentunya membuat Grab akan terus mengembangkan layanannya lebih baik lagi” kata Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, di Jakarta (06/03/19)

Lebih lanjut Ridzki juga menuturkan dengan menyandang Decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab terus berusaha bagimana Grab akan berkontribusi baik bagi ekosistem Grab.

Dikatakan Ridzki terpenting yang dilakukan Grab dan fokus Grab adalah, bagimana Grab dapat memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

Lalu mengembangkan talenta-talenta teknologi, yang merupakan elemen terpenting untuk keberhasilan indonesia dan Grab. Kemudian terakhir adalah menfasilitasi pertumbuhan startup, karena sebagai super app, Grab tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan startup untuk mendukung industrinya

“Kami tetap ingin fokus melayani kebutuhan masyarakat,” tutup Ridzki.

Dikatakan Ridzki, Investor lain yang termasuk dalam putaran pendanaan Series H adalah Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings, Microsoft Corporation, Ping An Capital, dan Yamaha Motor.

Ridzki juga menambahkan Investasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari visi Grab sebagai super app nomor satu di Asia Tenggara dalam mengembangkan ekosistem teknologi di kawasan ini.

Sekadar informasi, decacorn adalah sebutan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari USD10 miliar.