Monday, July 22, 2019
Home Apps Antivirus Defender Microsoft akan Hadir di MacOs

Antivirus Defender Microsoft akan Hadir di MacOs

-

Jakarta, Selular.ID – Antivirus Defender sejauh ini hadir untuk Windows, namun baru-baru ini anti virus Defender merilis untuk aplikasi browser seperti Google Chrome dan Firefox.

Bukan hanya itu saja, kini antivirus Defender akan Cross-platform, dan tersedia untuk perangkat MacOs. Kabarnya, Microsoft mengembangkan antivirus ini secara khusus dan disesuaikan agar kompatibel untuk sistem operasi MacOS

Dilaporkan Engadget, meskipun jarang terdengar Mac terserang virus dan cenderung menyerang Windows, dengan berkembangnya teknologi ini juga mulai muncul insiden-insiden yang disebabkan oleh malware berbahaya dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bahkan seperti ransomware yang menyerang Mac untuk pertama kalinya pada tahun 2016 lalu.

Sepertinya hal itu mendasari Microsoft merilis antivirus miliknya tersebut di sistem operasi MacOs. Dimulai dari Sierra, High Sierra hingga Mojave versi terbaru dari MacOs.

Fungsinya juga masih sama untuk perlindungan hingga mendeteksi dan merespon hal-hal berbahaya yang tidak seharusnya berada di sistem operasi tersebut.

Selain itu Defender versi Mac ini juga memiliki fitur update sehingga penggunanya dapat menikmati layanan-layanan terbarunya serta perlindungan yang lebih aman.Serupa dengan yang hadir di Windows, antivirus ini memiliki kemampuan untuk memindai serta melindungi perangkat dari serangan aplikasi jahat.

Dalam versi preview ini, Microsoft juga membawa sistem manajemen ancaman terbaru (Threat and Vulnerability Management/TVM) yang memungkinkan para ahli TI untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan konfigurasi sistem dengan lebih cepat.

Artinya Microsoft juga ingin mempermudah IT admin dalam mempermudah pekerjaannya yang menangani sistem berbeda baik Windows maupun Mac.

Microsoft juga menjanjikan akan terus memperbarui database antivirus ini lewat update otomatis.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah Microsoft Defender akan hadir untuk semua konsumen pengguna MacOs atau khusus untuk pelanggan bisnis saja.

Jika kemudian antivirus ini hanya diperuntukkan pelanggan bisnis, besar kemungkinan akan ada biaya tertentu yang dibebankan untuk mendapatkan Microsoft Defender ini.

Microsoft Defender sendiri saat ini diberikan secara cuma-cuma oleh Microsoft dalam Windows 10. Antivirus ini menjadi andalan untuk menangkal virus serta malware yang akan menyusup ke dalam sistem operasi Windows 10.

Latest