Penggunaan printer

Jakarta, Selular.ID – Pernahkah Anda mengalami masalah pada printer ? Printer macet menjadi masalah yang sering terjadi. Jika tidak segera ditangani, ini bisa menjadi masalah yang serius sehingga dapat menghambat pekerjaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi pada printer.

Berikut 5 tips mengatasi masalah yang sering terjadi pada printer seperti dilansir dari Lifehack.

1. Bersihkan Printer

Bersihkan printer

Jarang dibersihkan menjadi penyebab utama macetnya printer. Debu dan kotoran yang menempel serta kertas yang tersumbat di printer seringkali membuat printer macet. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan printer secara rutin guna mengatasi masalah macet pada printer.

BACA JUGA:
3 Cara Mudah Membangun Bisnis Digital

Anda dapat menggunakan kain, tisu, sikat gigi bekas, air hangat, cairan pembersih atau alat pembersih lainnya untuk membersihkan cartridge printer. Masukan kain atau tisu ke dalam air hangat. Selain itu, Anda juga menggunakan cairan pembersih atau alkohol yang diteteskan ke kain atau tisu tersebut.

Kemudian bersihkan cartridge tersebut secara perlahan sehingga kotoran dan sisa tinta yang mengering hilang. Untuk menghindari segala hal buruk yang terjadi, Anda bisa melepaskan penutup cartridge.

2. Periksa posisi kertas pada printer

Kertas printer

Penyebab masalah kertas macet selanjutnya adalah rim kertas yang saling menempel pada printer. Kendurkan selembar kertas dengan mengangkat rim dan membalik lembaran secara diagonal beberapa kali.

BACA JUGA:
Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone

Bila lebih dari satu lembar kertas Anda masukan ke printer dengan posisi yang tidak tepat, kemacetan akan selalu terjadi. Sebaiknya cek secara rutin posisi kertas pada printer Anda guna meminalisir kemacetan printer.

3. Pastikan baki kertas tidak melebihi kapasitas maksimum

Pastikan baki kertas printer tidak terlalu banyak menampung kertas. Jika baki kertas menampung terlalu banyak menampung kertas melebihi kapasitas maksimum, tentunya kemacetan printer tidak dapat dihindari.

Sebaiknya isi kertas sekitar tiga perempat dari kapasitas maksimum printer. Hal ini juga membantu untuk memastikan bahwa slider dan baki kertas dalam posisi yang benar.

BACA JUGA:
Buat Tahun Baru Makin Asik, Lakukan 4 Hal Ini di Smartphonemu

4. Gunakan kertas berkulitas terbaik

Pilihan kertas berkualitas terbaik juga dapat mencegah kemacetan printer. Pastikan printer Anda mendukung jenis kertas tersebut.

Anda juga harus memperhatikan berat kertas tersebut. Untuk menghindari kertas macet dengan berbagai jenis kertas, sebaiknya setting jenis kertas yang Anda gunakan pada menu pengaturan printer Anda.

5. Hubungi jasa reparasi atau para ahllinya

Reparasi Printer

Apabila semua permasalahan yang terjadi pada printer tidak bisa Anda selesaikan, maka sebaiknya Anda menghubungi jasa reparasi. Karena jika Anda memaksakan untuk menangani permasalahan printer tanpa kemampuan khusus, maka masalah akan bertambah besar. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir kerusakan printer Anda.