Friday, October 23, 2020
Home News Market Update Lampaui Samsung, Oppo Jawara di Thailand

Lampaui Samsung, Oppo Jawara di Thailand

-

Jakarta, Selular.ID – Bukan Samsung, Oppo kini merajai pasar smartphone Thailand. Sebuah laporan terbaru dari Canalys menguraikan peta pasar smartphone Thailand dan pengiriman perangkat untuk kuartal terakhir tahun 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pemain kunci di Negara Gajah Putih termasuk Xiaomi, Honor, Lava, dan Wiko, terus meningkatkan persaingan di pasar Asia Tenggara.

Secara keseluruhan, pasar smartphone Thailand mengalami penurunan 13,6% dibandingkan Q4 tahun 2017, dimana total 4,9 juta unit smartphone dikirimkan selama periode Oktober–Desember 2018.

Meskipun ada promosi yang menarik dari vendor di Thailand, jutaan pengguna di daerah pedesaan di negara itu menggunakan feature phone tanpa ada niat untuk memperbaruinya.

Pangsa pasar Oppo tumbuh mengesankan 69,8% dari tahun-ke-tahun dengan pangsa pasar 22,2%.

Raihan itu menjadikan Oppo melampaui pangsa pasar Samsung yang menurun 36,1% year-on-year menjadi 21,1%.

Sementara itu, Huawei diposisikan sebagai #3 dengan pangsa pasar 13,1% dan melihat pertumbuhan terbanyak dengan 73,4% selama periode tiga bulan terakhir tahun lalu.

Vivo terus tumbuh 13% sementara pangsa Apple turun sebanyak 52,2% dengan raihan hanya 8,6%.

Perhitungan Canalys pada jumlah raihan Oppo itu tidak termasuk pengiriman perangkat merek Realme, sementara angka statistik Huawei memasukkan perangkat Honor.

Canalys menyebutkan dua pertiga dari total pengiriman Oppo terdiri dari handset A3, F7, dan F9. Sama seperti di Indonesia, kesuksesan Oppo di Thailand berkat investasi besar perusahaan dalam hal pemasaran dan layanan lokal selama lima tahun terakhir.

Hingga kini tantangan vendor tetap sama, yakni menarik pengguna kelas atas dan meyakinkan mereka untuk beralih dari handset Samsung dan Apple ke Oppo.

Latest