Thursday, December 5, 2019
Home Apps Google Rombak Tampilan Gmail di iOS dan Android

Google Rombak Tampilan Gmail di iOS dan Android

-

Jakarta, Selular.ID –Google telah merombak tampilan desain Gmail versi web menjadi desain material ala Google dengan nuansa putih. Setelah merubah tampilan versi web, kini Google melakukan hal yang sama untuk tampilan aplikasi Gmail di Android dan iOS.

Dilaporkan Engadget, dengan desain yang dirombak menjadi desain material, tampilan utama aplikasi Gmail nantinya bakal terlihat bersih dan sederhana dengan nuansa serba putih.

Alasan lain perubahan tampilan ini adalah, bagian dari upaya membuat layanan-layanan G-Suite seperti Gmail, Drive, Calendar, dan Google Docs, seirama dalam segi desain dan warna agar terlihat dan berfungsi selayaknya produk dalam satu keluarga serta mengutamakan kemudahan pemakaian.

Dijelaskan Google, Bukan hanya penampilan yang dirombak, aplikasi Gmail mobile pun mendapat sejumlah fungsi baru. Misalnya, di bagian atas tampak satu kolom putih yang berfungsi sebagai search bar untuk mencari e-mail di akun Gmail pengguna. Search bar tersebut juga dilengkapi dengan menu bergambar tiga garis menumpuk, pada sisi kiri dan avatar pengguna yang tampil pada sisi kanan.

Avatar tersebut bisa diklik untuk memudahkan pengguna mengganti akun e-mail. Sebelum dirombak, search bar ini merupakan tempat untuk menampilkan judul menu yang sedang pengguna kunjungi, seperti All Inboxes”, dengan nuansa merah.

Di bagian bawah alat pencari ini, ada tiga kategori e-mail yakni Social, Promotions, dan Forums. Di desain sebelumnya, ketiga kategori tersebut dapat ditemukan di menu Gmail yang bisa diakses dengan melakukan swipe ke sebelah kanan.

Kemudian di bawahnya lagi, ada isi inbox guna menampilkan e-mail yang pengguna terima yang tampak diurutkan secara kronologis. Seluruh tampilan dan kategori ini semuanya memiliki latar warna putih, kecuali avatar kontak, label, dan latar lampiran berkas.

Tampilan baru aplikasi Gmail ini akan digulirkan secara bertahap untuk semua pengguna di platform Android dan iOS dalam beberapa pekan ke depan.

Diketahui Google juga baru memberikan pembaruan di layanan G Suite. Pembaruan yang dilakukan Google adalah dengan menambahkan fitur tombol undo dan redo juga menambahkan strikethrough alias garis pada bagian tengah teks.

Tidak sampai disitu, Gmail juga bakal mendapatkan kemampuan mengunduh pesan dalam format .eml dari situs.

Fungsi masing-masing fitur adalah, untuk undo-redo berfungi mengoreksi pesan jika pengguna tidak sengaja menghapus konten dalam draft e-mail.

Dengan Fitur itu, pengguna bisa langsung membatalkan tindakan terakhir yang dilakukan di jendela Gmail dengan fitur anyar tersebut.

Sementara fitur strikethrough bisa dipakai sebagai isyarat visual pesan tersebut telah diedit. Fitur ini sangat penting bagi pengguna yang ingin menulis e-mail dengan cepat dan efisien.

Google memberikan pembaruan fitur tersebut secara bertahap. Nantinya, semua pengguna G Suite bakal mendapatkan fitur anyar tersebut.

Latest