Tuesday, June 25, 2019
Home News FinTech Top 5 Mobile Payment di Indonesia 2018

Top 5 Mobile Payment di Indonesia 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Go-Pay menjadi pemimpin uang elektronik di Indonesia. Platform milik Gojek itu disebut sebagai penyedia uang elektronik yang paling banyak digunakan di Indonesia berdasarkan hasil studi lembaga riset independen di bawah naungan Financial Times, FT Confidential Research Mobile Payment.

Hasil riset tersebut menunjukkan Go-Pay memimpin dengan jumlah pengguna yang mencapai hampir tiga perempat jumlah pengguna uang elektronik dibandingkan dengan uang elektronik lainnya.

Lima besar penyedia uang elektronik di Indonesia menurut Financial Times Confidential Research Mobile Payment adalah:

  1. Go-Pay
  2. Ovo
  3. Tcash
  4. BCA Klikpay
  5. Doku wallet

Survei FT Confidential Research Mobile Payment menemukan Go-Pay menjadi platform pembayaran seluler paling populer di Indonesia, tetapi ia menghadapi persaingan ketat dari Ovo, bagian dari konglomerat Lippo Group.

Namun, kedua perusahaan kemungkinan akan menghadapi persaingan yang lebih ketat lagi tahun ini karena bank tradisional mempunyai pangsa pasar yang lebih besar.

Survei FT Confidential Research Mobile Payment menyebutkan Go-Pay digunakan oleh hampir tiga perempat pengguna pembayaran seluler dalam tiga bulan terakhir Juli–September), naik sedikit dari periode yang sama tahun lalu, diikuti oleh OVO, yang digunakan oleh sekitar 42 persen.

Tidak sedikit orang menggunakan keduanya: Go-Pay dan Ovo. Padahal, Ovo adalah pendatang baru. Ini adalah pertama kalinya FT Confidential Research Mobile Payment memasukkan Ovo dalam survei tahunan.

Seperti kebanyakan merek pembayaran di Indonesia, FT Confidential Research Mobile Payment menyebut kenaikan Ovo sebagian besar dihasilkan dari promosi yang agresif.

Tahun lalu Ovo memperluas layanan menjadi mitra pembayaran di aplikasi Grab dan Tokopedia. Setelah menggandeng keduanya, Ovo mengklaim telah menjadi platform nomor satu di Indonesia berdasarkan volume pembayaran.

Dalam beberapa tahun, Go-Pay terus berkembang dan melebarkan sayapnya ke berbagai lembaga keuangan guna menjangkau lebih banyak jenis pembayaran yang semakin memudahkan pengguna.

Hingga saat ini, Go-Pay telah bermitra dengan 28 institusi keuangan, serta telah diterima di lebih dari 240.000 rekan usaha di berbagai kota di Indonesia, 40% diantaranya adalah UMKM.

Latest