Jakarta,Selular.ID – Sebagai upaya untuk mewujudkan kota Semarang menjadi smart city dan cashless city, GoPay bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang memperkenalkan sistem pembayaran non-tunai untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kemudahan dalam pembayaran PBB ini merupakan kerja sama strategis kedua antara GoPay dengan Pemerintah Kota Semarang. Sebelumnya, GoPay bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang memperkenalkan kemudahan pembayaran di Trans Semarang.

Arno Tse, Head of Sales GoPay menjelaskan, mengatakan, GoPay ingin mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia terutama masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan formal.

BACA JUGA:
Masuk Museum Tsunami Aceh Kini Bisa Pakai Go-Pay

“Pembayaran non tunai terutama yang terkait aktivitas sehari-hari merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan.”ujar Ano dalam keterangan resminya.

“Jika masyarakat terbiasa memanfaatkan pembayaran non tunai yang transparan dan mudah, maka Pemkot Semarang dapat dengan mudah memperkenalkan inovasi digital lain yang dapat meningkatkan pelayanan publik,” kata Arno.

Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang dalam kaitan perwujudan Semarang Smart City, masuknya GoPay pada berbagai sektor diharapkan dalam semakin mendorong terbentuknya Smart Society pada masyarakat Kota Semarang.

BACA JUGA:
Kemenhub Segera Berlakukan Tarif Batas Bawah dan Atas Taksi Online

“Inovasi pembayaran elektronik ini kami terapkan guna meningkatkan layanan kepada masyarakat kota Semarang. Kami berharap dengan berbagai kemudahan yang kami tawarkan, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan publik lain di kota Semarang,” ujar Hendrar.

Dia menambahkan, wacana kerja sama ini sudah didiskusikan dan digodok dengan berbagai pihak dalam satu tahun terakhir.

BACA JUGA:
Gojek Dicekal di Filipina, Ini Alasannya

Masyarakat yang ingin membayar PBB dengan GoPay hanya butuh beberapa langkah mudah. Cukup dengan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PBB menggunakan aplikasi Gojek dan memasukkan jumlah yang harus dibayar.

Lebih lanjut, Arno mengatakan, di Kota Semarang ekosistem pembayaran GoPay tidak hanya terkait layanan publik yaitu Trans Semarang dan PBB. GoPay juga telah memperkenalkan solusi pembayaran di tempat seperti di GoFood Festival, di puluhan UMKM dan juga sedekah digital di Masjid Baiturrahman.