Wednesday, July 17, 2019
Home Apps Google Chrome Perketat Keamanan dengan Fitur Baru

Google Chrome Perketat Keamanan dengan Fitur Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Chrome berencana melindungi kemanan dari peretas dalam platfomnya.

Google akan menambahkan perlindungan drive-by donwload di Chrome. Dilaporkan XDA Developer, fitur drive-by download ini merupakan istilah yang digunakan dalam industri keamanan informasi (infosec) untuk menggambarkan unduhan yang terjadi tanpa sepengetahuan pengguna.

Google bermaksud menambahkan perlindungan drive-by download ke semua versi Chrome, kecuali yang dikirimkan untuk iOS.

Fitur ini sudah aktif di edisi Chrome Canary saat ini dan dijadwalkan mendarat di versi Chrome 73 pada bulan Maret atau April.

Diketahui, dalam jangka panjang, fitur ini diharapkan dapat menggagalkan beberapa kampanye malvertising, kelompok kriminal yang menyembunyikan kode jahat di dalam iklan untuk menjatuhkan file yang disamarkan dengan malware di komputer pengguna

Dijelaskan Google, pihaknya
berencana untuk mencegah unduhan di iframe kotak pasir yang tidak memiliki gerakan pengguna, dan pembatasan ini dapat dicabut melalui kata kunci.

Oleh karena ini adalah fitur keamanan yang cukup berguna, browser lain yang berbasis Chromium seperti Opera, Vivaldi, Brave, dan segera Microsoft Edge juga diharapkan mengadopsi fitur ini.

Tidak saja meningkatkan keamanan, baru-baru ini Google Chrome berencana akan menyingkirkan iklan yang mengganggu dan menghalangi tampilan konten.

Langkah itu diambil seiring dengan bergabungnya Google ke dalam Coalition for Better Ads, yakni grup industri yang berusaha membuat pengalaman browsing lebih nyaman untuk pengguna internet. Caranya dengan menampilkan iklan web sesuai standar.

Inisiatif ini akan dilakukan browser Chrome pada awal Juli, tepatnya 9 Juli 2019. Chrome besutan Google akan mulai menggulirkan fitur ad blocker yang bisa memblokir iklan-iklan pengganggu tersebut. Seperti dilaporkan Tech Radar, beberapa waktu lalu.

Latest