Friday, June 21, 2019
Home News Enterprise Gandeng TIBCO, XL Axiata Siap Kembangkan Proyek Data Science

Gandeng TIBCO, XL Axiata Siap Kembangkan Proyek Data Science

-

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata bekerjasama dengan TIBCO Software Inc, pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API dan analitik. Kerjasama ini bertujuan untuk memantapkan proyek Data Science. Proyek Data Science ini merupakan inisiatif percontohan milik XL Axiata.

Sebagai salah satu pelanggan ternama TIBCO di Asia, XL Axiata memahami bahwa kolaborasi ini mampu memenuhi peralatan yang dibutuhkan para data scientist (ilmuwan data). Sehingga para ilmuwan dapat bekerja secara efektif dalam mengatasi berbagai persoalan data yang sedang dihadapi.

XL Axiata menggunakan solusi data analitik TIBCO untuk mengolah data mereka. Kerjasama ini akan merangkul potensi cloud technology di area penyebaran spesifik proyek Data Science.

“Melalui kerjasama ini, kami yakin bahwa para ilmuwan data XL Axiata akan memiliki teknologi yang tepat untuk membantu mereka beradaptasi terhadap peningkatan permintaan analisis data yang akurat. Kami ingin memudahkan para data scientist XL Axiata dalam mengolah data. Caranya dengan menggunakan daya pemrosesan dari tren pembelajaran dan memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) pada analisis data,” ujar Melissa Ries, General Manager TIBCO untuk Asia Pasifik dan Jepang melalui keterangan resminya.

Ilmuwan data XL Axiata akan dibekali dengan mesin komputasi canggih. Disertakan pula lingkungan pengembangan untuk bahasa statistik yang banyak digunakan seperti R, Python, dan kebahasaan terkait lainnya. Inisiatif ini akan memberdayakan para pengguna untuk mengimplementasikan teknologi secara lebih efisien, terutama kebahasaan dan perpustakaan, pada lingkungan di dalam infrastruktur perusahaan yang lebih luas.

“Kami yakin dengan bergabung bersama TIBCO, akan menghadirkan platform teknologi yang konsisten di berbagai unit bisnis. Pengalaman yang TIBCO miliki akan membantu kami dalam membangun kemampuan di bidang data science. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memastikan para ilmuwan data kami siap menghadapi pesatnya gelombang pertumbuhan digital dalam perspektif regional dan global,” papar Keri Oetarto, Group Head Teknologi Informasi XL Axiata.

Latest