Jakarta, Selular.ID – Dua tahun terakhir, Google tengah menggodok platform baru untuk smartphone yang dinamakan Fuchsia OS. Sebelumnya tidak diketahui pasti apakah itu akan memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android seperti halnya Chrome OS atau tidak.

Kabar terbaru menyebutkan, tampaknya Google akan memungkinkan Fuschia untuk menjalankan aplikasi Android. Perusahaan sedang mengembangkan versi khusus Android Runtime untuk memungkinkan Fuschia menjalankan aplikasi yang dimaksudkan untuk perangkat Android.

BACA JUGA:
Google Rilis Chrome Canvas, Ini Fungsinya

Dilansir dari 9to5mac, di situs web Android Open Source Projects, menyebutkan bahwa “Targetnya adalah membangun ART untuk Fuchsia.” Itu berarti versi khusus Android Runtime sedang dikembangkan untuk OS ini.

“Mereka berbeda dari perangkat Android biasa karena mereka tidak menargetkan hardware tertentu. Mereka akan menghasilkan paket fuchsia (file .far),”.

Artinya, pengguna kemungkinan akan bisa menginstal Android Runtime pada perangkat apa pun yang menjalankan Fuschia OS. Hanya saja, Google belum merinci tentang sistem operasi ini sejauh ini.

BACA JUGA:
Fitur Mode Gelap Akan Hadir di Chrome

Laporan sebelumnya mengisyaratkan OS akan bersifat lintas platform, karena dapat berjalan di PC, tablet, dan ponsel. Beberapa pihak percaya Fuschia OS nantinya mungkin akan menggantikan Chrome OS dan Android.

Jika kabar di atas benar, tentu ini langkah yang tepat bagi Google. Mempunyai dukungan untuk aplikasi Android di Fuschia OS sedari awal akan menepis keraguan orang-orang yang ingin mencicipi sistem operasi baru untuk mengetahui apakah aplikasi favorit mereka tersedia di sana.