Sunday, May 26, 2019
Home News Market Update Canalys Q3 2018: Pasar Smartphone Asia Tenggara Turun, Indonesia Tumbuh

Canalys Q3 2018: Pasar Smartphone Asia Tenggara Turun, Indonesia Tumbuh

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar smartphone di Asia Tenggara di kuartal ketiga 2018 bergejolak karena dampak perang dagang China-AS. Data Canalys menunjukkan pengiriman smartphone menurun di empat negara dari tujuh negara, namun Indonesia terus tumbuh.

Pengiriman smartphone di tujuh negara di wilayah Asia Tenggara turun 3 persen dari tahun-ke-tahun menjadi 25,4 juta unit. Penurunan terjadi karena tiga dari lima pasar terbesar mengalami penurunan pada kuartal tersebut.

Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Filipina semuanya mengalami penurunan masing-masing 20,1 persen, 6,8 persen, 10,3 persen, dan 3,1 persen.

Bertolak belakang dengan kondisi kawasan, Indonesia memimpin pertumbuhan dengan peningkatan 13,2 persen. Canalys menyebut kenaikan itu sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhan outlet resmi dan ketersediaan perangkat yang sesuai dengan TKDN yang lebih luas.

Sementara dua negara lainnya, Malaysia tumbuh 5,3 persen dan Kamboja naik 6,8 persen.

Analis Canalys, TuanAnh Nguyen mencatat “populasi yang meningkat dan penetrasi yang rendah di luar kota-kota metropolitan memberikan peluang utama bagi vendor smartphone untuk terus berinvestasi.”

Dia menambahkan: “Munculnya vendor Cina memicu gelombang konsolidasi, dengan beberapa vendor lokal dan internasional meninggalkan pasar. Sementara 2018 diperkirakan akan berakhir dengan catatan positif, vendor perlu bersaing dengan penguatan dolar dan dampaknya pada harga perangkat. “

Penguasa pasar Asia Tenggara masih dirajai Samsung dengan mengirimkan 5,8 juta unit dan mengklaim tempat teratas di empat pasar.

Oppo berada di urutan kedua dengan pengiriman 4,8 juta dan pemimpin pasar di Filipina dan kedua di Thailand dan Vietnam.

Analis riset Canalyst, Jin Shengtao mengatakan, Oppo adalah satu-satunya vendor yang muncul di tiga besar dari lima pasar terbesar di kawasan itu. Di Filipina, mereka mengambil alih posisi raja lokal Cherry Mobile untuk memimpin untuk pertama kalinya dengan pangsa pasar 20 persen.

Dia mengatakan Samsung menghadapi kesulitan mempertahankan kepemimpinannya. Pemimpin global itu gagal tumbuh di semua tujuh pasar di Q3 dan mengalami penurunan dua digit di Thailand, Filipina dan Malaysia. Bahkan meleset dari angka 1 juta di Thailand, menurun 44 persen tahun-ke-tahun.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest