Friday, April 26, 2019
Home News E-Commerce Bukalapak Tantang Hacker Bobol Situsnya

Bukalapak Tantang Hacker Bobol Situsnya

-

Jakarta, Selular.ID – Belum lama ini, situs Bukalapak berhasil diretas. Tak tanggung-tanggung uang pengguna Bukalapak senilai Rp 9 juta berhasil dicuri hacker tersebut. Hacker tersebut menggunakan modus dengan tautan berbahaya (malware) yang dikirimkan ke kotak pesan korban di Bukalapak.

Awalnya, pengguna tersebut ingin membeli smartphone Google Pixel 1 XL dengan harga Rp 2,4 juta. Setelah menyelesaikan pembayaran, pengguna tersebut mendapatkan tautan yang dikirimkan ke kotak pesan akun Bukalapak miliknya.

Karena percaya tautan tersebut milik Bukalapak, dia langsung klik dan log-in di tautan tersebut. Kemudian, seketika layar smartphonenya menjadi hitam.

Beberapa saat kemudian, sang pengguna mendapatkan notifikasi pembayaran pulsa berhasil. Setelahnya, uang pengguna tersebut ludes digasak peretas.

Terkait peretasan ini, Redaksi Selular.ID menanyakan kepada Fajrin Rasyid selaku Co-Founder dan Chief Financial Officer (CFO) disela acara HUT Bukalapak ke 9 di Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2018).

“Kami masih menyelidiki kasus peretasan yang mengakibatkan hilangnya uang pengguna. Sebenarnya yang di hack itu bukan Bukalapak, tapi situs lain,” jelas Fajrin.

Menurut Fajrin, kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk login dalam suatu situs.

“Jika satu situs di hack dengan password yang sama, maka situs lain bisa diretas juga. Kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk mendaftar di sebuah situs. Password yang sama sering jadi celah para hacker dalam meretas situs,” ungkap Fajrin.

Fajrin menerangkan bahwa Bukalapak memiliki sistem identifikasi password.

“Kita memberi notifikasi kepada user untuk mengganti password ketika terjadi sesuatu yang mencurigakan. Tapi yang bisa ganti password kan user itu sendiri. Tentunya tidak lepas dari peranan user itu sendiri,” tandasnya.

Bukalapak terus mengedukasi penggunanya untuk menggunakan password berbeda. Disampaikan Fajrin, Bukalapak terus meningkatkan sistem security untuk mencegah serangan cyber.

“Kami mengundang para hacker untuk meretas situs Bukalapak. Jika bisa diretas, kita kasih reward. Ini yang membuat situs e-commerce besar seperti Amazon aman,” tutup Fajrin.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest