Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan PhoneArena, sumber industri mengklaim HMD Global belum merilis pembaruan Android Pie untuk Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 8 padahal update sudah diselesaikan sejak lama.

Alasan perusahaan sengaja menunda pembaruan itu adalah dengan harapan akan membantu penjualan perangkat terbaru Nokia 8.1.

Padahal Nokia 8 yang dirilis di Indonesia Februari lalu, sudah terlihat di GeekBench menjalankan OS terbaru Android Pie. Pembaruan awalnya dijanjikan akan tersedia pada November tapi hingga memasuki pekan kedua Desember, update tak kunjung dirilis.

BACA JUGA:
Nokia 9 PureView Meluncur Februari 2019?

Menurut sumber yang sama, Nokia 8 mungkin baru akan menerima pembaruan Android Pie pada akhir Desember atau awal Januari, tepat setelah musim belanja liburan berakhir.

Sumber mengklaim pembaruan Nokia 8 sudah siap sejak awal November (seperti yang dijanjikan), tetapi CFO HMD Juho Sarvikas, memutuskan untuk menahan pembaruan dengan alasan hal itu akan meningkatkan penjualan Nokia 8.1, karena secara logika orang-orang lebih suka membeli perangkat dengan software terbaru.

BACA JUGA:
Nokia 8.1 Resmi Meluncur, Ini Harganya

Keesokan harinya, HMD Global memberikan sebuah pernyataan untuk menanggapi kabar tersebut.

“Tidak ada penundaan yang terencana. Segera setelah peningkatan versi ke Android Pie siap dan kami bisa memastikan itu akan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami, kami akan mulai menggulirkan pembaruan.

Kami berkomitmen untuk pengalaman Android yang Pure, Secure, dan Up-to-date yang melibatkan pengujian intensif guna memastikan tidak ada komitmen kami yang terabaikan.”