Jakarta,Selular.ID-Apple mengumumkan bahwa layananan Apple Music tidak mendukung fitur Connect. Fitur ini diperuntukan bagi artis musisi maupun brand untuk berbagi postingan kepada para fans.

Sebenarnya, pencabutan fitur Connect sudah muncul sejak lama. Tahun 2016 lalu, Apple telah menghapus tab khusus untuk fitur Connect dari tombol navigasi di Apple Music.Namun baru mendekati akhir tahun 2018, Apple mengumumkan menghapus fitur Connect dalam Apple Musik.

Dilaporkan The Next Web, dalam situs resminya, Apple sudah mengumumkan kepada para artis bahwa mulai hari ini mereka tidak akan bisa mengunggah konten di fitur Connect Apple Music. Semua konten di fitur Connect yang masih ada hanya akan tersedia hingga tanggal 24 Mei 2019.

BACA JUGA:
Permintaan Melemah, Apple Pangkas Produksi iPhone Baru Hingga 10 Persen

Apple akan merombak desain halaman artis Apple Music dan daftar putar (playlist) Artist Radio. Apple menyebut ingin fokus pada artis dan membantu mereka terkoneksi dengan fans dengan cara yang lebih baik. Meski Connect dihapus, namun pengguna masih bisa menemukan fitur dengan elemen jejaring sosial, seperti layanan untuk melihat apa yang sedang didengarkan teman dan membagi daftar putar.

BACA JUGA:
Pemberlakuan Tarif Impor 10% Pada iPhone Hanya Gertakan

Sebenarnya, Apple Music Connect memang bukanlah fitur yang populer, bahkan di kalangan pelanggan layanan itu sendiri. Buktinya, ketika iOS 10 diluncurkan, Apple Music mendapat tampilan baru, dan di saat yang sama Connect tak lagi mendapat porsi tab tersendiri seperti sebelumnya.

Ini bukan pertama kalinya Apple gagal mengintegrasikan fitur sosial pada layanan musik digitalnya. Nasib Apple Music Connect sejatinya tidak jauh berbeda dari iTunes Ping yang hanya berusia dua tahun saja, sebelum akhirnya digantikan oleh integrasi Facebook dan Twitter.

BACA JUGA:
Apple Lakukan Update Pada FaceTime Untuk Support Audio dan Video

Namun itu bukan berarti Apple Music jadi benar-benar miskin fitur sosial. Connect, sesuai namanya, hanya dirancang untuk menjembatani musisi dan para penggemarnya. Di luar itu, para pengguna Apple Music masih bisa saling mengikuti satu sama lain dan saling bertukar rekomendasi.