Jakarta, Selular.ID – Asus Live L1 hadir sebagai smartphone yang menyasar entry level. Hal ini dapat dilihat dari harga dan spesifikasinya.

Asus Live L1 hadir dengan pilihan memori yang berbeda, tentu dengan harga jual berbeda. Untuk RAM 3GB dengan internal 32 harga yang dibandrol Rp1,6 jutaan, sementara RAM 2 GB, dengan internal 16 harga yang dijual Rp1,3 jutaan.

Untuk dapur pacunya Asus menempatkan prosesor Snapdragon 425 milik Qualcomm. Berdasarkan pengukuran menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, skor yang diperoleh Zenfone Live L1 ini adalah 40644.

Daya baterai yang disiapkan Asus untuk perangkat terbarunya ini cukup besar yakni berkapasitas 3,000 mAh.

Seperti apa performa smartphone Asus Live L1, berikut ulasannya

Desain

Secara keseluruhan, bodi Zenfone Live L1 nyaman dipegang. Kenapa? Karena bodi handphone ini cukup ringan dalam genggaman. Smartphone ini memiliki bobot 140 gram.

Badan smartphone yang terbuat dari plastik juga membuatnya tidak licin saat digenggam.Secara keseluruhan, tampilan fisik smartphone ini sangat sederhana, sayangnya Asus Zenfone Live L1 ini, tak ada dukungan fingerprint untuk keamanannya.

Asus Zenfone Live L1

Berbeda dengan Zenfone Max Pro M1, handphone ini memiliki speaker dan colokan micro USB di bagian bawah dan colokan audio 3,5mm di bagian atas. Konstruksi ini cukup umum, walau tidak sepraktis yang meletakkan semua di satu sisi (di bagian bawah).

Berikutnya, Zenfone Live L1 mendukung dual SIM dan kartu micro SD. Konfigurasinya sama seperti Max Pro M1. Dua slot SIM dan satu micro SD. Saya menemukan posisi SIM card tidak semantap di Max Pro. Semoga ini berhubungan dengan potongan kartu saya saja.

Layar

Layar ASUS Zenfone Live L1 merupakan layar IPS LCD sebesar 5,5 inci. Layar ini memiliki resolusi HD+ 1440 x 720 pixel dengan rasio 18:9. Sesuai standar masa kini. Ketajaman layarnya “hanya” ~293 ppi.

Penggunaan aspek rasio tersebut tentunya membuat layar smartphone ini terasa sangat lapang, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk menonton video.
Resolusi layar yang cukup tinggi juga mendukung untuk menonton video berkualitas 720p.

Asus Zenfone Live L1 front

Kamera

Kamera belakang Zenfone Live L1 memiliki kualitas 13MP (f/2.0) dengan PDAF. Sedangkan kamera depan berkualitas 5MP (f/2.4). dilengkapi lampu LED soflight untuk memberikan cahaya lebih natural pada keadaan gelap.

Asus juga menyertakan beberapa mode untuk mendukung kamera depannya, seperti Night HDR untuk mengambil foto pada malam hari, Portrait untuk mengambil selfie yang disertai efek bokeh, dan Beauty untuk mengkoreksi fitur wajah yang dirasa kurang.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur face lock sebagai fitur keamanan. Sayangnya, fitur ini hanya responsif di ruangan yang sangat terang dan di bawah sinar matahari langsung.

Selain itu juga ada berbagai modus yang dapat digunakan mulai dari Auto, HDR Pro, Beautification, Potrait Mode, Panorama, dan Time Lapse.

Audio

Untuk audio tidak ada masalah dari sisi audio untuk komunikasi. Baik microphone dan speaker bekerja baik., Jelas dan jernih.

Sedangkan untuk multimedia, suaranya juga nyaring. Tentunya karena ada fitur AudioWizard yang mengijinkan kita mengatur preferensi suara beserta equalizer.

Triple Slot

Asus Zenfone Live L1 punya tiga sim slot, dengan tiga slot ini memberikan kemudahan bagi penggunanya yang memiliki tiga nomor dan enggan membawa smartphone lebih dari dua. Hal ini didasari karena tipikal orang Indonesia punya nomor lebih dari satu dengan tetap masih menggunakan slot untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Daya Tahan Baterai

Asus membekali Zenfone Live L1 dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 28 hari dalam mode standby.

Dari pengalaman menggunakan smartphone ini untuk penggunaan normal, baterai dapat bertahan hingga seharian, tidak hanya itu smartphone ini hanya menguras 18% daya tahan baterai saat digunakan menonton film dengan durasi 1,5 jam.