Wednesday, April 24, 2019
Home Apps Permudah UMKM, GrabExpress Luncurkan Dua Layanan Baru

Permudah UMKM, GrabExpress Luncurkan Dua Layanan Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Grab memperkenalkan dua layanan terbaru dari GrabExpress yaitu GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin. GrabExpress Car melengkapi armada GrabExpress yang selama ini hanya menyediakan sepeda motor. GrabExpress Nalangin merupakan sebuah layanan Cash on Delivery (COD) dengan armada sepeda motor, yang memungkinkan pengguna (UMKM) untuk mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung terlebih dahulu oleh mitra pengemudi.

“Fitur baru ini mampu mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Tanah Air melalui penyediaan layanan pengiriman barang yang semakin mudah, cepat dan nyaman. Ini juga merupakan komitmen Grab dalam memajukan ekonomi digital Indonesia,” ujar Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia disela peluncuran fitur baru GrabExpress di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

GrabExpress Car mengusung sejumlah fitur andalan seperti mampu mengirimkan barang dengan kapasitas lebih besar hingga 150 kilogram dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Untuk memudahkan UKM, pengguna dapat mengirimkan lebih banyak barang hingga ke 5 lokasi yang berbeda dalam satu kali pemesanan.

Pengiriman barang melalui GrabExpress Car kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman dan fitur pelacakan kiriman. Biaya pengiriman juga cukup terjangkau mulai dari Rp16.000 untuk pengantaran di wilayah Jabodetabek, serta potongan harga khusus bagi pengguna GrabExpress baru.

Dikatakan Ridzki, layanan Grab Express Bike sendiri sudah hadir di 139 kota di seluruh wilayah Indonesia.

“GrabExpress Car baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja. Sementara GrabExpress Nalangin baru hadir di Jakarta saja. Kedepannya dua layanan ini akan hadir di kota lain,” jelas Ridzki.

Hal senada juga disampaikan oleh Gita Prihanto, Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia di tempat yang sama.

“Daftar kontak telepon yang tersimpan ponsel pengguna kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab. Tentunya ini memudahkan seller atau UMKM dalam mengirimkan barang kepada pembeli, terutama saat mengirimkan barang dalam waktu bersamaan di 5 tempat yang berbeda,” ucap Gita.

Berdasarkan Brand Health Tracking Grab pada Oktober 2018, 47%, pelanggan Grab memilih GrabExpress karena para driver dapat mengantarkan barang dalam waktu yang cepat. Sekitar 36% memilih Grab karena mudah digunakan.

Untuk layanan GrabExpress Nalangin, mitra pengemudi membayarkan biaya pembelian produk terlebih dahulu ke pengguna dengan maksimal nominal sebesar Rp 200.000. Mitra driver mengirimkan produk ke lokasi pengiriman dengan maksimum radius 30 km di wilayah Jakarta melalui GrabExpress Nalangin.

Pembeli menerima produk dan membayarkan biaya pembelian produk dan biaya pengiriman secara tunai kepada mitra pengemudi. Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi UMKM yang melakukan pengiriman secara aktif dalam 3 bulan terakhir.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest