Jakarta, Selular.ID – Setelah melewati proses yang cukup panjang, pihak berwenang Filipina mengkonfirmasikan kehadiran Mislatel, sebuah konsorsium yang didukung oleh China Telecom, sebagai operator selular terbaru di negeri itu.

Mislatel akan menjadi operator selular ketiga di Filipina, menantang duopoli yang terjadi saat ini antara Globe Telecom dan PLDT Smart. Operator anyar ini akan dialokasikan spektrum di 700MHz, 2100MHz, 2000MHz, 2500MHz, 3300MHz dan 3500MHz band.

BACA JUGA:
Dicegah Masuk Filipina, GoJek Pilih Bungkam

Spektrum tersebut sebelumnya dikuasai oleh Globe Telecom dan PLDT Smart. Keduanya diketahui, memegang 99,8 persen pangsa pasar.

Meski telah menghadirkan operator ketiga, Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (DICT) Filipina, mengisyaratkan bahwa mereka tidak akan beristirahat dalam upaya mereka untuk meningkatkan persaingan di pasar seluler negara itu.

DICT menyatakan keinginan untuk melepaskan lebih banyak spektrum yang memungkinkan munculnya pemain tambahan, agar industri telekomunikasi di Filipina semakin bergairah.

BACA JUGA:
Gojek Dicekal di Filipina, Ini Alasannya

Monchito Ibrahim, Sekjen DICT mengatakan satu-satunya batas untuk lebih membuka pasar adalah jumlah frekuensi radio yang tersedia.

“Jika kita memiliki frekuensi yang cukup, kita bisa memberikan peluang untuk memunculkan operator keempat, hingga kelima, sehingga bsa mendorong tumbuhnya kompetisi”, kata Monchito kepada Business World.

DICT juga tengah menjajaki kemungkinan peningkatan biaya penggunaan spektrum untuk mendorong operator yang tidak memaksimalkan pita frekuensi mereka untuk menyerahkannya kepada pemerintah