Jakarta, Selular.ID – Setahun lalu Mozilla mengenalkan Firefox Rocket. Kini, Mozilla merubah Firefox Rocket menjadi Firefox Lite.

Joe Cheng, Head of Product Mozilla Asia menjelaskan alasan bergantinya nama Firefox Lite. Menurutnya, dengan nama Firefox Lite sesuai dengan fungsinya yang mampu browsing dengan menghemat data.

Ukuran dari Firefox Lite kurang dari 35MB atau hanya 10 persen dari ukuran sebagian browser yang ada di pasaran.

BACA JUGA:
Firefox Reality Kini Dukung Tampilan Video 360 Derajat

“Karena ukuran aplikasi yang ringan, pengguna dapat terus menggunakan update terbaru dari Firefox Lite tanpa harus khawatir akan penggunaan data yang besar,” tutur Joe Cheng, di Jakarta (01/11/18).

Dikatakan Joe Cheng, hal itu sangat penting untuk pasar seperti Indonesia, mengingat hampir 46 persen dari pengguna internet selular di negara ini tidak menggunakan layanan broadband (3G/4G) seperti tertera di laporan We Are Social versi tahun ini.

BACA JUGA:
Firefox Reality Kini Dukung Tampilan Video 360 Derajat

Joe Cheng, juga menuturkan, berdasarkan data internal Mozilla, internet Firefox Lite menghemat 4.000 jam, 166 hari lima bulan waktu pengguna sejak Firefox Lite diluncurkan.

Dia juga menambahkan, dengan lebih 130 juta pengguna smartphone di Indonesia tentunya merupakan salah satu pasar penting untuk mewujudkan misi Mozilla. Yakni untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari pengguna smartphone di Indonesia, dan Mozilla juga merancang Firefox Lite berdasarkan hasil penelitian tersebut.

BACA JUGA:
Firefox Reality Kini Dukung Tampilan Video 360 Derajat

Mozilla juga akan menjalin kerja sama dengan ExpressVPN, untuk menyediakan pengalaman browsing yang lebih aman bagi para pengguna di Asia. Perlu diketahui, ExpressVPN adalah perusahaan global dalam layanan VPN (virtual private network).