Monday, June 17, 2019
Home Apps Instagram Disusupi Bug Mengakibatkan Password Terpampang di Link URL

Instagram Disusupi Bug Mengakibatkan Password Terpampang di Link URL

-

Jakarta,Selular.ID-Bug kerap menghampiri aplikasi seperti jejaring sosial. Twitter baru-baru ini diketahui diausupi bug. Bug yang tersemat pada layanan mikroblog mengakibatkan Direct Message (DM) dapat dibaca pihak ketiga.

Hal serupa dialami aplikasi berbagi video dan foto Instagram. Instagram mengirimkan pemberitahuan ke beberapa penggunanya bahwa password mereka kemungkinan telah diketahui pihak lain, karena bug kemanan.

Seperti.dilapotkan Engadget, bug yang mengekspos password pengguna, terdapat difitur unduhan Data (Download Your Data) yang dirilis Instagram April lalu.

Fitur ini dirilis untuk menyesuaikan peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) yang diselenggarakan komisi Eropa.

Menurut juru bicara Instagram, masalah ini hanya diketahui oleh kalangan internal Instagram saja, dan hanya sejumlah pengguna saja yang terdampak.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunduh semua konten yang pernah diunggah, termasuk foto, video, stories, dan pesan.

Menurut Instagram, beberapa pengguna yang mengunduh datanya melalui fitur tersebut, akan mendapati password akunnya termuat di dalam link URL peramban web mereka, saat membuka informasi data pengguna.

Artinya, jika seseorang mengisi informasi log-in untuk menggunakan fitur unduhan data Instagram, mereka bisa melihat informasi password di URL halaman.

Password tersebut tersimpan di server Facebook yang menginduki Instagram. Menurut salah satu periset keamanan kepada The Information, kebocoran password hanya bisa terjadi jika Instagram menyimpan password dalam teks biasa (tidak dienkripsi), yang artinya bisa menjadi masalah kemanan lebih besar untuk perusahaan.

Namun perwakilan Instagram membantahnya. Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan fungsi hash dan salt kriptografi untuk menyimpan password pengguna.

Kabarnya Instagram telah memperbaiki fitur Unduh Data, sehingga tidak akan lagi mengumbar password pengguna.

Instagram juga meminta pengguna untuk segera mengganti password sebagai tindakan pencegahan.

Diketahui masalah bug di Instagram bukanlah kali pertama. Pada Juni diketahui pengguna Instagram dari seluruh dunia telah melaporkan seringnya aplikasi mogok atau crash di perangkat Android-nya.

Instagram pun akhirnya mengakui masalah tersebut dalam pesan yang dikirim melalui Twitter.

Instagram tidak menyebutkan penyebab masalah tersebut, tapi dipahami telah mempengaruhi berbagai perangkat dengan cara yang berbeda. Terlebih banyak pengguna yang mengklaim aplikasi segera crash saat dibuka.

Sementara pengguna lainnya melaporkan melihat melalui Instagram Stories atau hanya menggulir melalui feed dapat menyebabkan crash. Imbasnya jumlah ulasan dengan bintang satu kian bertambag di PlayStore saat itu.

Latest