Tuesday, April 23, 2019
Home Apps Aktifkan Fitur Dark Mode Supaya Baterai Android Lebih Irit

Aktifkan Fitur Dark Mode Supaya Baterai Android Lebih Irit

-

Jakarta, Selular.ID – Fitur dark mode merupakan mode layar khusus yang tampilannya serba hitam untuk sejumlah aplikasi buatannya.

Selama beberapa bulan ini Google diketahui aktif merilis fitur dark mode. Ternyata, bukan tanpa alasan Google gencar mengenalkan fitur ini.

Dilapor Cnet, mode gelap ini berguna untuk membuat baterai ponsel Android jadi lebih irit. Hal tersebut diungkapkan oleh Google dalam gelaran Android Dev Summit 2018 di Amerika Serikat, pekan lalu.

Google mengatakan bahwa daya tahan baterai ponsel juga dipengaruhi oleh tingkat kecerahan layar dan warna latar yang digunakan.

Mode gelap mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti latar belakang putih menjadi berwarna hitam.

Bagi pengguna yang tak terbiasa mengaktifkan dark mode, pengaturan UI ini membalik layar dari teks gelap dengan latar belakang putih ke teks putih pada latar gelap.

Tingkat konsumsi daya baterai akan berkurang dengan signifikan karena layar ponsel (backlight pada tipe LCD, atau per-pixel untuk layar OLED) tak perlu menerangi bagian yang berwarna gelap

Apalagi jika mode gelap ini digunakan pada ponsel pada layar dengan panel AMOLED. Panel ini mampu menghemat daya baterai lebih besar ketika aplikasi yang digunakan mengaktifkan mode gelap.

Dalam sebuah bagan yang ditampilkan Google pada konferensi pengembang itu, terdapat sebuah contoh. Saat tingkat kecerahan layar smartphone diatur 50 persen, aplikasi Youtube dark mode lebih hemat baterai 14 persen ketimbang mode normal.

Sementara, saat tingkat kecerahan layar diatur 100 persen, tingkat konsumsi baterai pada mode dark mode 60 persen lebih sedikit.

Bagan lain yang ditampilkan Google, dalam kondisi regular mode, sebuah screenshot Google Maps saat tingkat kecerahan layar AMOLED diatur maksimum menghabiskan baterai sebanyak 250mAh.Lalu, saat di layar LCD sebuah iPhone 7, konsumsi baterai mencapai 230mAh

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest