Jakarta, Selular.ID – Dibekali triple camera dari Leica dengan jumlah piksel terbanyak dalam ranah smartphone, Huawei P20 Pro menyasar para penyuka fotografi yang menginginkan simplicity pada perangkatnya.

Positioning ini diperkuat dengan pernyataan Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng. Menurutnya, Huawei P20 Pro cocok untuk para fotografer mobile. Kualitasnya setara kamera profesional seperti DSLR. Jadi tidak perlu membawa DSLR untuk mengabadikan momen atau menangkap objek menarik.

Sebelum membahas lebih detail mengenai sektor fotografi yang ditawarkan oleh Huawei pada perangkat P20 Pro-nya, saya akan mengulas terlebih dahulu secara keseluruhan mengenai perangkat ini.

Desain

Triple camera pada perangkat P20 Pro bukan menjadi satu-satunya daya tarik yang ditawarkan oleh Huawei. Perangkat ini memiliki desain premium dengan pewarnaan yang sangat elegan dan telah menjadi trensetter warna smartphone.

Ketika digenggam, Huawei P20 Pro masih cukup nyaman dengan dimensi 155,0 mm (H) x 73,9 mm (W) x 7.8 mm (D) dan bobot 180g. Namun agak sedikit glossy ketika digenggam, jadi Anda harus berhati-hati.

Bezel amat tipis dan rasio screen-to-body yang menarik hadir di Huawei P20 Pro.

Layar OLED 6.1 inci beresolusi FHD+ (1080x2240p) dibalut panel kaca 3D melengkung terpampang di bagian depan Huawei P20 Pro.

Penempatan tombol fungsional yang simple membuat P20 Pro mudah digunakan dengan satu genggaman tangan.

Huawei menempatkan tombol power dan volume rocker berjajar di bilah kanan smartphone, sedangkan di bilah kiri terdapat slot SIM Card yang dapat memuat dua buah SIM Card. Huawei tidak menyiapkan slot penyimpanan eksternal pada P20 Pro.

BACA JUGA:
Isi Ulang Baterai Smartphone 100% Kini Hanya 35 Menit

Di sisi bawah smartphone terdapat lubang audio dan juga slot USB Type C yang dapat berfungsi sebagai pengisi daya.

Pada bagian atas permukaan depan P20 Pro, Huawei menempatkan lupang speaker yang berdampingan dengan kamera selfie yang berada di notch layar.

Sedangkan di bagian bawah permukaan terdapat sensor sidik jari.

Di bagian permukaan belakang, terlihat tiga buah kamera Leica bertengger di sudut kiri atas yang ditemani dengan LED Flash light. Di sudut kiri bawah permukaan belakang smartphone nampak logo Huawei.

Huawei tidak menyertakan lubang jack untuk audio sehingga pengguna harus menggunakan converter bila ingin menggunakan earphone.

Performa

Dapur pacunya, Huawei P20 Pro diperkuat chipset besutan Huawei sendiri yakni Kirin 970 dikombinasikan prosesor Octa-core + i7 co-processor, 4 ×Cortex A73 2.36 GHz + 4 × Cortex A53 1.8 GHz. RAM 6GB dan ROM 128GB dibenamkan di ponsel ini.

Untuk sekedar mengukur kinerja smartphone ini seperti biasa saya menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan juga aplikasi Geekbench. Skor yang didapat sebagai berikut:

Meski mengambil posisi sebagai smartphone fotografi, Huawei P20 Pro juga sangat nyaman diajak bermain mobile gaming seperti game PUBG yang membutuhkan kualitas grafis tinggi.

BACA JUGA:
Huawei Siap Luncurkan Smartphone 5G Pertama di Tahun 2019

Huawei P20 Pro berjalan dengan OS Android 8.1 dibalut tampilan antarmuka EMUI 8.1.

Sumber tenaganya, disokong baterai 4000 mAh plus Battery Management, yang juga ditenagai oleh teknologi AI.

Ponsel ini didukung fitur anti air dan debu dengan sertifikasi IP67 dan sertifikat IEC 60529.

Soal audio, ponsel ini ditunjang Dolby Atmos. Jadi buat dipakai untuk mendengarkan musik tentunya akan sangat menghibur.

Berdasarkan pengukuran yang saya lakukan, suara yang dihasilkan perangkat ini saat mendengarkan musik mencapai 86db.

Fotografi

Huawei P20 Pro memiliki lensa utama beresolusi 40MP RGB dengan aperture f / 1.8 yang dilengkapi fitur Phase Detection Auto-Focus (PDAF). Ketajaman warna, gambar, fokus lebih cepat dihasilkan kamera utama P20 Pro.

Hadir pula lensa monokrom 20MP dengan aperture f / 1.6 serta sensor 8MP yang disertai lensa telephoto dan aperture f / 2.4. Sensor ISPs dari Leica mampu menyeimbangkan warna secara otomatis ketika pengambilan gambar.

Kamera utama dan selfie memiliki fokus lebih cepat. Kamera utama dibekali fitur 3X optical zoom. Smartphone ini juga bisa melakukan 5x hybrid zoom dan 10x digital zoom.

Teknologi Hybrid Zoom ini merupakan salah satu fitur kamera baru yang diselipkan Huawei ke dalam P20 Pro.

P20 Pro merupakan smartphone Huawei pertama yang menggunakan lensa telefoto untuk meningkatkan kemampuan zoom hingga lima kali.

Seperti terlihat pada foto Monas di atas, hasil zoom kamera Huawei P20 Pro masih cukup detail meskipun diambil dari jarak yang cukup jauh.

BACA JUGA:
Gerilya Vendor China di Pasar Amerika Serikat

Kamera utama P20 Pro ini disokong sensor tipe 1/1.7 terbaru yang mampu menyesuaikan pengambilan gambar dengan pencahayaan rendah atau pada malam hari.

Dikombinasikan dengan sensitivitas tinggi berkat ISO yang bisa disetel sampai 102400, setara dengan kamera profesional.

Kamera selfie-nya ditunjang sensor 24MP dan aperture f/2.0, dilengkapi pula dengan teknologi modeling wajah 3D yang ditenagai teknologi AI.

Teknologi ini mampu mengikuti kontur wajah Anda dan melakukan penyesuaian untuk menghasilkan foto selfie lebih natural.

Terdapat juga fitur 3D Portrait Lighting yang mampu menghasilkan efek pencahayaan berkualitas studio, fitur 3D yang realistik serta foto selfie yang cantik dengan tone kulit yang sehat, detail wajah yang halus.

Hadir pula fitur Huawei AIS (AI Image Stabilization) yang membuat smartphone ini lebih stabil tanpa tripod ataupun gimbal.

Fitur ini akan membantu saat merekam video, yang sudah mendukung stabilisasi six-axis dan slow-motion, dari 120fps sampai 960fps, untuk menghasilkan video yang jernih, lebih detail, dan super slow-motion.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi AI, sehingga memadukan teknologi dan seni guna menghadirkan pengalaman smartphone yang revolusioner.

Untuk bisa menggunakan fitur AI ini pengguna harus mengaktifkannya di menu Setting kamera dengan mengaktifkan master AI.

Kamera Huawei P20 Pro akan otomatis mendeteksi scene yang menjadi objek foto apakah itu Food, Greenery, Stage Performance, Blue Sky dan sebagainya.

BACA JUGA:
Smartphone Pilihan di Harga Rp2 Jutaan

Huawei P20 Pro juga dilengkapi dengan fasilitas edit foto yang terintegrasi yang membuat penguna tidak memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Fasilitas edit foto ini juga cukup komplit, pengguna bisa menambahkan berbagai macam filter pada foto hasil jepretannya.

Hasil jepretan

Night Shot

Memiliki ISO yang bisa disetel sampai 102400, Huawei P20 Pro sangat jagoan mengambil gambar pada malam hari.

Bokeh

Kombinasi tiga kamera yang digunakan Huawei P20 Pro mampu menghasilkan gambar bokeh yang terbilang rapih

Selfie

Untuk melakukan swa foto (Selfi), Huawei P20 Pro menawarkan mode Photo dan Portrait. Untuk menghasilkan foto selfie yang bokeh, kalian bisa memilih mode portrait dengan mengaktifkan fitur Bokeh.

Monokrom

Leica terkenal mampu menghasilkan foto monokrom yang sangat baik di berbagai kondisi. Warna hitam putih yang dihasilkan dari kamera Leica terlihat tajam dan pekat sehingga sangat nyaman dilihat secara kasat mata.

Mode monokrom pada Huawei P20 Pro menawarkan 4 mode, yakni Normal, Aperture, Portrait, dan Pro yang bisa dipilih untuk menghasikan gambar yang diinginkan.

Lainnya

Dengan Huawei P20 Pro, banyak sekali obyek foto yang bisa dieksplorasi dengan berbagai metode pengambilan gambar sesuai yang diinginkan.