Jakarta, Selular.ID – Lembaga survey terkemuka CCS Insight memperkirakan bahwa pengiriman secara global produk-produk wearable device akan melonjak hampir dua kali lipat antara 2018 hingga 2022. Prediksi ini didasarkan pada suksesnya penjualan sejumlah perangkat yang dikenakan, seperti Apple Watch.

Produk besutan Apple itu terus diminati konsumen sejak peluncurannya beberapa waktu lalu. Keberhasilan yang ditorehkan oleh Apple Watch pada akhirnya mendorong minat yang lebih luas pada jam pintar.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan riset itu mengatakan pengiriman untuk perangkat yang dapat dikenakan akan mencapai 117 juta pada 2018. CCS memprediksi angka itu akan mencapai 233 juta unit pada 2022, ketika nilai pasar dari segmen tersebut akan mencapai $ 27 miliar.

BACA JUGA:
Pandora Kalahkan Spotify untuk Pemutaran Offline di Apple Watch

CCS Insight mengatakan pertumbuhan didorong oleh permintaan yang kuat untuk smartwatches, yang terus mendapatkan popularitas karena keberhasilan pemimpin pasar Apple. Vendor yang berbasis di Cupertino, California, sukses menciptakan momentum pasar saat meluncurkan Apple Watch Series 4 pada September 2018.

Dengan perusahaan yang menawarkan perangkat “pada kisaran harga terluas sejauh ini”, hal itu menjadi lebih mudah diakses oleh pemilik iPhone, tambah CCS.

Kesuksesan Apple juga membantu mengembangkan pasar yang lebih luas, CCS Insight mengatakan pihaknya juga melihat lebih banyak pengguna yang terlibat dengan smartwatch mereka pada umumnya. Hal ini dapat memicu gelombang penjualan berikutnya pada tahun-tahun mendatang.

BACA JUGA:
Pandora Kalahkan Spotify untuk Pemutaran Offline di Apple Watch

Analis Senior CCS, George Jijiashvili mengatakan, permintaan untuk perangkat pengganti mewakili “perubahan langkah dari beberapa tahun yang lalu”, ketika ada pengabaian dari pengguna awal.

“Kombinasi kesuksesan Apple dengan Watch dan tingkat keterlibatan tinggi yang kami lihat di antara pemilik smartwatch mencerminkan nilai yang sekarang ditempatkan pada produk ini,” kata George Jijiashvili.

BACA JUGA:
Pandora Kalahkan Spotify untuk Pemutaran Offline di Apple Watch

Meskipun Apple tengah mengambil keuntungan dari penjualan jam pintar yang semakin luas, namun kesadaran dan kepuasan yang semakin meningkat di kalangan “penggemar teknologi” juga akan membantu memperluas pasar, karena para pesaing Apple yang memasuki segmen ini juga membuat kemajuan.

“Apple Watch telah berhasil karena dibeli oleh pemilik iPhone. Orang-orang dengan smartphone Android mewakili pasar yang jauh lebih besar dan kami percaya bahwa kondisi yang tepat untuk gelombang adopsi smartwatch berikutnya berkat pilihan smartwatch yang terus meningkat dari merek fashion dan elektronik konsumen, memukul pasar”, tambah Jijiashvili.