Friday, April 26, 2019
Home News Telco Jajal Paket Unlimited Smartfren Super 4G Kuota, Seberapa Kencang ?

Jajal Paket Unlimited Smartfren Super 4G Kuota, Seberapa Kencang ?

-

Jakarta, Selular.IDRedaksi Selular.ID mencoba paket Super 4G Unlimited Smartfren Super 4G Kuota 10GB seharga Rp 30.000. Kami menggunakan paket unlimited Smartfren untuk uji jaringan menggunakan aplikasi Speed Test besutan Ookla. Kami juga bermain game online PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan menonton video seperti video musik, film dan video lainnya di YouTube menggunakan dua provider tersebut selama beberapa hari.

Redaksi Selular.ID menguji jaringan Smartfren di beberapa lokasi, waktu dan kondisi yang berbeda di Jakarta menggunakan aplikasi Speed Test. Kami melakukan uji jaringan di pusat keramaian seperti Taman Menteng dan lokasi lainnya.

Waktu yang kami pilih di jam-jam sibuk dari pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam dan jam santai dari jam 8 malam hingga jam 6 pagi. Kami juga melakukan uji jaringan di segala kondisi cuaca baik panas maupun hujan yang sering mengalami gangguan. Ketika kondisi hujan dan jam-jam sibuk, memang kecepatan internet Smartfren menurun.

Setelah melewati batas FUP, kami melakukan Speed Test kembali menggunakan Smartfren. Hasil Speed Test terakhir, Smartfren memiliki kecepatan download 15.7Mbps dan upload 1.67Mbps.

Hasil Speed Test Smartfren

Saat menonton YouTube sebelum batas FUP, Smartfren sangat lancar tidak buffering. Padahal video yang kami tonton di YouTube memiliki resolusi tinggi HD (720 pixel) dan Full HD (1080 pixel). Namun, semua itu tergantung lokasi, waktu dan kondisi cuaca.

Ketika melewati batas FUP harian 1GB, kami masih bisa menonton YouTube menggunakan Smartfren. Tapi tidak bisa resolusi HD, maksimal 480 pixel.

Kecepatan nya pun menurun, tapi tidak buffering. Karena ada batas pemakaian harian, keesokan harinya jaringan Smartfren berfungsi dengan semula.

Saat bermain game online PUBG, Smartfren cukup lancar sebelum melewati batas FUP. Setelah melewatinya, agak sedikit lag.

Selama beberapa hari melakukan tes, kami mengecek sisa kuota Smartfren di aplikasi MySmartfren. Data terakhir di MySmartfren mencatat sisa kuota yang digunakan adalah 1,37GB dengan masa berlaku tersisa 18 hari lagi.

Kesimpulan

Bagi Anda yang suka nonton YouTube Paket Unlimited Super 4G Unlimited Smartfren cocok banget. Sebab streaming di YouTube membutuhkan koneksi yang stabil Meski batas FUP harian habis, Anda tetap dapat nonton YouTube.

Keesokan harinya setelah, batas FUP hariannya habis, kecepatan jaringan Smartfren kembali stabil. Karena berlaku lagi kuota 1GB di hari selanjutnya. Anda juga bisa nonton YouTube di esok hari dengan resolusi tertinggi hingga 1080p tanpa buffering.

Penasaran ? Coba sendiri Paket Unlimited Super 4G Unlimited Smartfren.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest