Jakarta.Selular.ID – Instagram dikabarkan menggulirkan otentikasi dua faktor berbasis apikasi, otentikasi dua faktor tersebut telah diluncurkan pada minggu lalu dan sekarang bisa digunakan untuk semua pengguna.

Hal ini dilakukan media sosial berbagai foto dan video untuk perangi akun palsu. Langkah tersebut juga disebut-sebut untuk memastikan pengguna dan profil bisnis tidak adanya double akun yang dapat dipastikan palsu.

BACA JUGA:
Calon CEO WhatsApp 'Angkat Kaki'

Sebelumnya, Instagram memang sudah mendukung autentikasi dua faktor, namun autentikasi tersebut hanya menggunakan nomor telepon dan SMS. Metode tersebut terbukti tidak aman dan rawan dibobol melalui pembajakan kartu SIM.

Pembajakan kartu SIM merupakan metode yang digunakan pembajak untuk mendapatkan akses ke nomor telepon seseorang. Dengan mendapatkan akses tersebut pembajak dapat membaca SMS korban dan menembus autentikasi 2 faktor bawaan.

BACA JUGA:
Instagram Rilis Fitur Your Activity, Ini Fungsinya

Dengan menggunakan aplikasi autentikasi pihak ketiga, metode ini bisa dicegah karena pembajak akan kesulitan menjebol aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengaturnya melalui bagian Setting dalam aplikasi Instagram. Pilih Two-Factor Authentication, lalu pilih “Authentication App” untuk menggunakan autentikasi dua faktor tanpa menggunakan nomor telepon. Fitur keamanan ini akan dirilis ke seluruh pengguna setidaknya minggu depan.

BACA JUGA:
Didesain Ulang, Tampilan Pinterest Sekarang Mirip Instagram

Bersamaan dengan fitur diatas, Instagram juga meningkatkan keamanan melalaui bagian baru “About This Account” yang akan ditambahakn pada akun Instagram yang dinilai milik orang berpengaruh atau terkenal. Fitur ini akan mengizinkan pengguna untuk melihat informasi akun lebih dalam.