Jakarta,Selular.ID – Membuka web namun kerap diganggu iklan bersliweran, merupakan hal yang kurang menyenangkan.Misalnya, pernah membuka situs belanja online, dan ketika membuka web lain, iklan yang muncul di web tersebut berhubungan dengan yang sering dibuka.

Untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya Mozila mulai memikirkan hal itu.

Disebut-sebut Mozila sedang melakukan pembaruan mengenai iklan yang terlihat mengikuti ketika membuka suatu web. Mozilla tidak menentang iklan sebagai sarana untuk menghasilkan pendapatan, tapi tampaknya pelacakan online telah menjadi terlalu invasif.

Dilansir laman The Verge, pembaruan yang dilakukan Firefox, adalah Versi terbaru dari Firefox 63.

Artinya dalam pembaruan ini akan ada tindakan anti pelacakan sedang diterapkan yang akan mencegah situs web mengikuti penggunanya saat membuka situs yang lainnya.

Versi terbaru dari Firefox 63 akan mengaktifkan perlindungan pelacakan yang ditingkatkan untuk memenuhi tuntutan pengguna yang menginginkan lebih banyak privasi.

Dengan pembaruan ini, pengguna secara khusus dapat memblokir cookie dan akses penyimpanan dari pelacak pihak ketiga.

Namun, dengan memblokir semua pelacakan akan menyebabkan banyak kesalahan dalam situs web dan Mozilla diharuskan untuk memperbaiki bug untuk memastikan laman dapat dimuat dengan benar.

Langkah pertama yang dilakukan, awal bulan ini Mozilla mengumumkan akan bekerja sama dengan ProtonVPN untuk menguji layanan jaringan privat virtual baru seharga USD10 atau sekira Rp151 ribu per bulan.